Lepas Keberangkatan 12.450 Pemudik, Erick Thohir ke Sopir Bus: Enggak Usah Ngebut
Foto: Dok. Kementerian BUMN

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir melepas keberangkatan pemudik yang mengikuti program mudik gratis bersama BUMN hari ini dari halaman Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Erick mengatakan peserta program Mudik Aman, Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 totalnya mencapai 12.450 orang. Sementara, jumlah bus yang disediakan mencapai 249 unit.

Pemberangkatan ini adalah sebagian pemudik dari total 40.000 pemudik yang akan berangkat dengan 542 bus dan 24 perjalanan kereta api hampir 40 kota di pulau Jawa dan Sumatera. Adapun pemberangkatan dilakukan bertahap mulai 27 April hingga 1 Mei 2022.

Sebelum melepas keberangkatan pemudik, Erick meminta para sopir bus untuk tidak mengemudi cara ugal-ugalan di jalan selama perjalanan mudik, baik di jalan tol maupun provinsi. Hal ini untuk menjamin keselamatan semua pihak baik pemudik, pengemudi dan sesama pengguna jalan lain.

"Enggak usah ngebut, nggak usah motong-motong (mendahului kendaraan lain). Kasihan penumpang," ujar Erick, di Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Rabu, 27 April.

Erick juga meminta pengemudi untuk tak sungkan beristirahat di rest area tedekat apabila merasa mengantuk atau lelah. Tujuannya agar menghidari terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

"Saya titip para penumpang. Keselamatan paling utama. Jangan memaksakan diri ketika sudah lelah atau ngantuk. Antar mereka sampai tujuan, untuk bertemu orang-orang yang mereka sayangi," katanya.

Tak hanya itu, Erick juga berpesan kepada para pemudik untuk saling menolong selama perjalanan mudik ini dan selalu rukun.

"Sesama tetangga (pemudik) enggak boleh berantem ya, saling menghargai, saling menolong ya. Semoga sehat-sehat ya," tuturnya.