Perusahaan Milik Konglomerat Patrick Walujo Jual Seluruh Kepemilikan Sahamnya di Centratama Telekomunikasi Senilai Rp3,08 Triliun
Konglomerat Patrick Walujo. (Foto: Dok. Forbes)

Bagikan:

JAKARTA - Perusahaan milik konglomerat Patrick Walujo, Northstar Advisors Pte melalui Clover Universal Enterprise Ltd telah resmi melepas seluruh kepemilikan sahamnya di PT Centratama Telekomunikasi Indonesia Tbk (CENT). Clover Universal telah menjual 4.661.721.616 saham dengan harga Rp227 per saham, yang artinya senilai Rp1,05 triliun.

"Tujuan transaksi adalah divestasi. Setelah transaksi ini Clover Universal tidak lagi memiliki saham CENT atau 0 persen dari sebelumnya 14,95 persen saham," tulis Direktur Clover Universal Enterprise Ltd. Sua Fong Cha, dalam pengumuman di Bursa Efek Indonesia, dikutip Jumat 25 Maret.

Northstar sebelumnya telah melakukan divestasi sebagian saham CENT pada 7 Juli 2021. Ketika itu, Clover Universal menjual 10,29 miliar saham atau setara 33 persen saham CENT dengan harga Rp198 per saham.

Alhasil nilai transaksinya kala itu adalah Rp2,03 triliun. Jika ditarik kesimpulan dari 2 transaksi ini, maka total penjualan saham CENT sebanyak 47,95 persen saham mencapai Rp3,08 triliun.

Clover Universal tercatat telah lama menggenggam saham CENT, bahkan sebelum perusahaan penyedia menara tersebut menggelar penawaran umum perdana (initial public offering/IPO) saham pada 2015.

Berdasarkan prospektus CENT pada 2015, sebanyak 25 persen dana IPO perseroan ketika itu digunakan untuk membayar utang kepada Clover.

Sekadar informasi, Clover merupakan perusahaan cangkang atau perusahaan yang didirikan dengan tujuan khusus yang beralamat di British Virgin Island.

Sementara pemilik Clover, yakni Northstar Grup yang didirikan oleh Patrick Walujo dan Glenn Sugita terkenal aktif mengucurkan investasi pada perusahaan teknologi prospektif seperti Gojek, Zenius, eFishery. Salah satu portofolio Northstar, yakni PT Triputra Agro Persada Tbk (TPAG) juga sukses menggelar IPO pada April 2021.