Komitmen Terapkan <i>Sustainable Finance</i>, Bank Danamon Turunkan Kadar Emisi Hingga Gunakan Panel Surya
Foto: Dok. Antara

Bagikan:

JAKARTA - PT Bank Danamon Indonesia Tbk (Danamon) menerima sertifikasi Certification Platinum dalam upayanya mendukung program sustainable finance.

"Sertifikasi ini merupakan buah dari upaya kami untuk senantiasa mewujudkan komitmen terhadap keberlanjutan melalui penerapan Sustainable Finance,” ujar Herry Hykmanto, Direktur Syariah Danamon dalam keterangan yang diterima VOI, Kamis 24 Maret.

Dengan sertifikat ini, Bank Danamon menjadi Bank Pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikasi Greenship Platinum untuk kategori Kantor Pusat.

Acara penyerahan plakat dan sertifikat ini diselenggarakan di Menara Bank Danamon dan dihadiri secara langsung oleh Herry Hykmanto selaku Direktur Syariah Danamon, Iwan Prijanto selaku Ketua Green Building Council Indonesia, konsultan PT Narama Mandiri dan PT Colliers International, bersama perwakilan tim Corporate Real Estate Management dan Sustainability Finance Danamon.

Sebagai salah satu negara yang menghadapi risiko perubahan iklim terbesar, Indonesia berkomitmen untuk mengurangi emisi karbon sebesar 29 persen di tahun 2030. Danamon pun ikut berkomitmen dalam mendorong penerapan sustainable finance dengan membentuk Sustainability Committee sejak tahun 2019.

Komite ini didirikan untuk mengimplementasikan lima prioritas rencana program yang merupakan bagian dari keinginan Danamon dalam memenuhi ketentuan dalam POJK Nomor 51/POJK.03/2017 tentang Penerapan Keuangan Berkelanjutan Bagi Lembaga Jasa Keuangan, Emiten, dan Perusahaan Publik.

"Danamon juga bertanggung jawab dalam mendukung inisiatif-inisiatif terkait Carbon Neutrality. Hal ini demi memenuhi ketentuan dan arahan dari pemerintah serta pihak regulator, sekaligus menjaga keselarasan dengan MUFG," bebernya.

Salah satu langkah yang dilakukan Danamon adalah melakukan perkiraan emisi Gas Rumah Kaca secara grup, termasuk anak perusahaan Adira Finance, sehingga pada fiscal year 2021, Danamon berhasil menurunkan kadar emisi sebesar 24,6 persen sejak tahun 2019 sehingga berada di 45.3K CO2e Metrik Ton.

Ke depannya, lanjut Herry, Danamon akan terus mengembangkan inisiatif strategis dan tindakan sistematis untuk mengurangi emisi dalam kegiatan operasional.

Beberapa pendekatan yang akan diwujudkan di antaranya seperti penghematan tenaga listrik, pembuatan tenaga listrik secara mandiri melalui penggunaan panel surya, dan pembelian Renewable Energy Certificates (REC).

"Selain itu, Danamon juga akan berfokus pada berbagai pembiayaan yang bertujuan untuk mendukung keberlanjutan, seperti pemasangan panel surya sebagai sumber energi terbarukan, serta transisi pada penggunaan baterai dan kendaraan elektrik yang juga memberikan manfaat berupa penghematan tenaga listrik dan bahan bakar," pungkasnya.