Promosikan 'Wisata Minat Khusus', Menparekraf Sandiaga Ajak Komunitas Otomotif Keliling Lombok
Ilustrasi (dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, mengajak para pegiat komunitas otomotif untuk berkeliling mengendarai motor menikmati pariwisata di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Tak hanya komunitas otomotif, kelompok wisata berjumlah 30 orang itu juga diikuti oleh para pegiat desa wisata dan para pekerja jurnalistik.

"Program ini merupakan bagian dari Wisata Minat Khusus, jadi touring menggunakan sepeda motor ke desa-desa wisata yang menjadi ikon kebangkitan ekonomi kita. Kita bisa melihat banyak homestay yang terisi dan ini menjadi satu semangat baru," ujar Sandiaga, dalam keterangan resminya, sebagaimana dilansir Antara, Sabtu, 19 Maret.

Menurut Sandiaga, potensi wisata minat khusus di Lombok, NTB, sangat besar dan patut mendapatkan dukungan dari seluruh pihak. Karena itu, melalui touring bertajuk Famtrip Inspiring Village in Mandalika yang diselenggarakannya ini, Sandiaga berharap dapat semakin mempopulerkan kawasan yang menjadi tujuan wisata tersebut.

Salah satu tujuan touring kali ini adalah desa wisata Tetebatu, di Kabupaten Lombok Timur, yang mewakili Indonesia di ajang The Best Village UNWTO 2021.

Sandiaga menjelaskan bahwa Desa Tetebatu memiliki daya tarik alam dan nilai sejarah yang unik bagi wisatawan. Selain itu, Desa wisata Tetebatu yang terletak di kaki Gunung Rinjani ini juga memiliki produk ekonomi kreatif yang beragam serta dikenal dengan tanaman herbalnya.

"Harapannya sebagai destinasi super prioritas bukan hanya Mandalikanya yang dibangun, tapi juga alternatif-alternatif destinasi lain yang bisa menjadi pilihan penonton MotoGP. Bukan hanya menonton MotoGP tapi juga menikmati desa-desa wisata," tutur Sandiaga.

Selain di Lombok Timur, Sandiaga mengatakan Kabupaten Lombok Tengah, NTB, juga memiliki potensi wisata minat khusus yang dapat dikembangkan berupa desa-desa wisata yang tersebar di seluruh kawasan dengan daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Selain itu, pengembangan wisata minat khusus yang berkaitan erat dengan kehadiran desa-desa wisata di Lombok ini diharapkan dapat menjadi lokomotif kebangkitan ekonomi dan pembukaan lapangan kerja. Terlebih, kegiatan ini berbarengan dengan pelaksanaan kegiatan internasional MotoGP Pertamina Grand Prix of Indonesia 2022 di kawasan destinasi super prioritas Mandalika di Kabupaten Lombok Tengah.

"Ini adalah tatanan ekonomi baru di mana desa wisata menjadi lokomotif kebangkitan pariwisata yang berkelanjutan," tegas Sandiaga.