Proyek Revitalisasi Galeri MURI Diresmikan Menparekraf
Menparekraf Sandiaga Uno (FOTO VIA ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno meresmikan proyek Revitalisasi Galeri MURI (Museum Rekor Dunia Indonesia) di Jakarta dengan tema “Untuk Indonesia dari Bumi Indonesia”.

Sandiaga berharap revitalisasi ini mengenalkan kembali kepada masyarakat mengenai MURI secara fisik melalui teknologi dengan lebih unik serta modern, tanpa melupakan akar budaya Indonesia.

“Apresiasi saya sampaikan kepada pihak penyelenggara yaitu MURI Museum Rekor Dunia-Indonesia, sebagai lembaga pencatatan rekor pertama dan tertua di Indonesia yang sudah berumur 31 tahun," kata Sandiaga saat menyampaikan sambutannya di Galeri MURI Jakarta dalam keterangan tertulis dikutip Antara, Minggu, 21 November.

Sandiaga mengatakan Museum atau Galeri MURI ini dapat juga dijadikan sebagai salah satu destinasi wisata yang memberikan edukasi dan pengalaman menarik untuk wisatawan.

Galeri MURI ini, menurut Sandiaga telah mengimplementasikan konsep inovasi, adaptasi, dan kolaborasi dalam pengembangannya. Inovasinya dengan memanfaatkan platform digital dalam promosi dan pengembangan MURI yang terus dilakukan.

Sementara adaptasinya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan dalam setiap aktivitasnya. Revitalisasi ini melibatkan kolaborasi melalui upaya kerja sama dengan seluruh unsur akademisi, bisnis, komunitas, pemerintah dan media.

“Revitalisasi Galeri MURI ini sangat menginspirasi, mudah-mudahan dengan adanya revitalisasi Galeri MURI ini juga bisa memacu semangat anak-anak bangsa untuk bisa tercatat dalam rekor MURI di berbagai bidang,” ujar Sandiaga.

Sandiaga mengajak Museum Rekor Dunia-Indonesia untuk memperbarui kerja sama dengan Kemenparekraf dalam mengembangkan destinasi minat khusus layaknya desa wisata yang memiliki keunikan tersendiri.

"Saya baru mengunjungi Kepulauan Kei dan mereka menyebut sudah memiliki pantai dengan pasir terhalus di dunia. Nah ini tentunya kita ingin membuktikan itu dengan tercatatnya di MURI,” jelas Sandiaga.

Ia juga mengajak para anak muda untuk berkunjung ke Galeri MURI di Jakarta ini. Sebab, menurutnya wisatawan berpeluang untuk bisa mendapatkan banyak informasi dari berbagai bidang seperti kesehatan, teknologi, industri, dan sebagainya.

“Untuk anak-anak muda datang ke sini, pertama karena tempatnya keren banget, dan di sini juga tempatnya instagramable sekali. Di sini juga ada photobooth yang menyerupai kita sedang mendapatkan rekor MURI,” ujarnya.

Pendiri dan Ketua Umum MURI, Jaya Suprana, menyampaikan terima kasih atas kunjungan Menparekraf ke Galeri MURI Jakarta.

“Saya sempat meneteskan air mata karena terharu atas kunjungan dan waktu yang diluangkan Menparekraf ke Galeri MURI Jakarta,” kata Jaya.