Menteri ESDM Terpapar COVID-19, Jabatan Ad Interim Sementara Dipegang Menteri BKPM
Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia. (Foto: Dok. Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) dinyatakan positif Covid-19.

Kabar tersebut dibenarkan Kepala Biro Klik ESDM, Agung Pribadi dalam keteranganya kepada media, Jumat, 4 Februari. "Pak Menteri dalam kondisi baik. Sekarang sedang isoman," ujar Agung singkat.

Sementara itu untuk mengisi kekosongan sementara jabatan Menteri ESDM, Presiden Joko Widodo menunjuk Menteri Investasi/Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia ditetapkan sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) ad interim.

Disebutkan, surat keputusan terkait dengan penunjukan Bahlil sebagai Menteri ESDM ad interim telah terbit pada hari sebelumnya yakni Kamis 3 Februari.

Agung memastikan, Menteri ESDM akan pulih dan kembali bekerja pekan depan.

"Insha Allah minggu depan sudah kembali bekerja. Mohon doanya," tandas Agung.

Tercatat, menteri ESDM merupakan menteri pertama yang terpapar COVID pada tahun ini dan menteri Kabinet Presiden Joko Widodo yang ke-6 terinfeksi setelah Covid melanda Indonesia sejak awal 2020.

Sebelumnya, dilaporkan Menteri Perhubungan Budi karya Sumadi menjadi pasien COVID yang ke-76 di Indonesia.

Saat masih menjabat sebagai Menteri Kelautan dan Perikanan, Edhy Prabowo pernah terpapar COVID-19 pada awal September 2020.

Fachrul Razi saat masih menjabat sebagai Menteri Agama juga pernah terinfeksi COVID-19 dan dinyatakan sebuh pada akhir September 2020.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah merupakan menteri keempat di Kabinet Indonesia Maju yang terpapar COVID-19 dan disusul Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto namun tidak pernah mengumumkan secara resmi.