Viral di Media Sosial, Harga Rokok Djarum Super Milik Konglomerat Hartono Bersaudara Rp460 per Bungkus di Tahun 1990, Kalau Gudang Garam Berapa?
Foto: Dok. Facebook Perpustakaan Nasional RI

Bagikan:

JAKARTA - Di media sosial Facebook, sedang viral sebuah unggahan yang memperlihatkan harga rokok per selop atau per sepuluh bungkus pada tahun 1990 di Indonesia. Adalah akun Facebook resmi Perpustakaan Nasional Republik Indonesia yang mengunggah gambar tersebut.

Harga yang tercantum merupakan harga per selop. Merek rokok yang ditampilkan mulai dari Marlboro, Kansas, Ardath, Dunhill, Djarum, Sampoerna hingga Gudang Garam.

"Berikut daftar harga beberapa merek rokok baik jenis rokok putih maupun rokok kretek di Jakarta per 29 Desember tahun 1990. Harga yang tercantum merupakan harga per slop, dimana beberapa rokok jenis kretek mengalami kenaikan harga. Koleksi Layanan Surat Kabar Langka Perpustakaan Nasional RI. Sumber : Berita Buana, 3 Januari 1990 hal 3 kol 3-5," tulis akun Facebook resmi Perpustakaan Nasional seperti dikutip oleh VOI, Sabtu 25 Desember.

Melihat masih "murahnya" harga rokok pada tahun 1990-an tersebut banyak warganet yang menyebutkan bahwa dalam kurun waktu 30 tahun ini harga rokok sudah naik ribuan persen.

Ambil contoh saja misalnya harga rokok Marlboro di tahun 1990 hanya senilai Rp925 per bungkus. Sementara saat ini harga rokok Marloboro sudah mencapai sekitar Rp30.000an per bungkus.

Djarum Super isi 12 batang di tahun 1990 hanya seharga Rp460 per bungkus, sedangkan sekarang berada di harga sekitar Rp20.000-an per bungkus. Untuk produk Sampoerna berada di harga Rp900 per bungkus pada tahun 1990, dan sekarang berada di kisaran harga Rp26.000-an.

Adapun rokok Gudang Garam yang tengah viral karena dihisap oleh Ariel Tatum, pada tahun 1990 harganya cuma Rp400 per bungkus. Sedangkan saat ini rokok milik perusahaan konglomerat Susilo Wonowidjojo tersebut berada di kisaran Rp19.000 per bungkus.

"Wah gila ya sekarang harganya naik sampe ribuan persen, top dah negeri +62," komentar seorang warganet bernama Chamada Alatas.

"Gua kirain bulan di tahun ini...dengar kabar kata nya rokok bakal naik lagi mulai januari, benar ga sih," kata warganet bernama Rian Kelana.

"Samsoe skrg 18 ribu. Marlboro 32 ribu. Harga per bungkus di warung. Luar biasa perbedaan harga nya drastis bgt," ungkap warganet bernama akun Ibnu Arief.