<i>Home Alone</i>, Film yang Selalu Dibicarakan Saat Natal
Macaulay Culkin sebagai Kevin McCallister (IMDB/20th Century Pictures)

Bagikan:

JAKARTA - Hari Natal diperingati setiap 25 Desember. Untuk merayakan hari raya umat Kristiani tersebut, stasiun televisi lokal kerap menayangkan film-film bertema Natal, salah satunya Home Alone (1990) karya Chris Columbus.

Home Alone mengisahkan keluarga McCallister yang mempersiapkan liburan Natal di Paris, Prancis. Kevin (Macaulay Culkin) adalah anak termuda dalam keluarga tersebut. Ia sering menjadi korban keisengan saudaranya, Buzz.

Suatu ketika ia dimarahi ibunya dan dihukum tidur di kamarnya, di loteng. Saat itulah Kevin berharap dirinya tidak punya keluarga.

Di pagi hari, keluarga McCallister terlambat bangun sehingga mereka pergi ke bandara dalam keadaan terburu-buru. Tanpa disadari, mereka meninggalkan Kevin yang tidur di loteng. Kevin terbangun, namun ia senang harapannya terwujud.

Dua orang pencuri bernama Harry (Joe Pesci) dan Marv (Daniel Stern) mencari target. Mereka menemukan rumah Kevin kosong. Aksi seru antara Kevin melawan Harry dan Marv dimulai.

Dekat dengan Suasana Natal

Home Alone yang dirilis pada tahun 1990 menjadi salah satu film yang erat dengan tema Natal. Suasana musim dingin dengan salju, pohon Natal, dan liburan menjadi alasan film ini sangat disukai penonton.

Nuansa Natal itu juga ditambah dengan lagu-lagu yang diputar dalam film ini, dari Have Yourself A Merry Little Christmas hingg Rockin’ Around The Christmas Tree.

Salah satu adegan ikoniknya adalah ketika Kevin pulang dari gereja untuk menyelamatkan rumahnya dan menyusun jebakan untuk penculik yang diiringi lagu Carol of the Bells.

Home Alone juga memiliki premis yang relevan dengan situasi pandemi COVID-19 di mana seseorang dituntut kreatif menghadapi kejadian yang tidak terduga. Aksi mengerjai para pencuri adalah salah satu adegan fenomenal dalam film ini.

Secara keseluruhan, Home Alone adalah film bertema keluarga. Keluarga Kevin memperlakukannya dengan buruk. Kemudian, Kevin berharap keluarganya menghilang sampai ia sadar ia sangat mencintai mereka. Kevin pun berharap Santa mengembalikan keluarganya.

Ada juga cerita lain. Mengenai Old Man Marley (Roberts Blossom) yang bercerita kepada Kevin dirinya terpisah dengan anaknya. Kevin menasihati Marley untuk mencoba menghubungi anaknya agar mereka bisa terhubung kembali. Marley pun bertemu dengan sang anak dan berterima kasih kepada Kevin.

Box Office di China

Kesuksesan film Home Alone terasa hingga Negeri Tirai Bambu. Film ini meraih box office selama tiga dekade di China dengan raihan 285,7 juta dolar Amerika Serikat. Tidak ada satupun rilisan lokal yang dapat melewati rekor tersebut. Dengan budget rendah dan komedi yang khas dengan lokal, film ini mudah diminati masyarakat China.

Melansir Forbes, saat itu, Home Alone tayang di China mulai November 1990 hingga Juni 1991. Film Meet the Fockers nyaris melewati rekor Home Alone dengan 277 juta dolar AS. Setelah 27 tahun, film China, Never Say Die memecahkan rekor pada tahun 2017. Never Say Die mencapai 286 juta dolar AS dalam waktu 16 hari.

Jumlah pendapatan Home Alone di China tidak bisa dibandingkan dengan Never Say Die. Pasalnya, Home Alone meraih kesuksesan besar di seluruh dunia. Namun mengingat film Never Say Die meraih rekor dalam waktu 16 hari maka film ini tetap menempati urutan pertama di China.

Reboot Serial Home Alone di Disney+

Tahun 2019, Disney mengumumkan sedang menggarap reboot Home Alone dalam versi serial. Archie Yates, Ellie Kemper, dan Rob Delaney dikonfirmasi menjadi pemain dalam serial ini.

Proses syutingnya sudah dilakukan sejak Februari lalu di Montreal, Kanada. Bob Iger selaku CEO Disney tidak akan mengulang cerita yang ada di dalam film Home Alone. Ia membuat plot baru.

Beberapa waktu lalu, sutradara Home Alone, Chris Columbus berbicara kepada Insider tentang serial ini. Ia menganggap reboot ini hanya buang-buang waktu.

“Apa gunanya? Saya yakin kalian tidak bisa membuat film yang memiliki umur panjang seperti Home Alone. Kalian tidak akan berhasil membuat sesuatu yang sama,” kata Chris Columbus.

Sutradara itu juga mengakui ia sempat terlena dengan kesuksesan Home Alone dengan membuat Home Alone 2 dan merasa sekuelnya hanyalah sebuah remake dari bagian pertamanya.

“Bahkan ketika Anda merasa gagal, setidaknya Anda harus memiliki sesuatu yang orisinal.”

Kabar terbaru menyebutkan, Macaulay Culkin akan hadir sebagai cameo dalam serial tersebut. Ia menerima honor 2,5 juta poundsterling untuk penampilannya. Disney enggan membocorkan jadwal perilisan serial Home Alone, tetapi mereka memastikan serial ini tayang di Disney+.