Ketika BCL Pamit dari Indonesian Idol dan Digantikan Rossa
BCL dan Daniel Mananta (Instagram @BCLSinclair)

Bagikan:

JAKARTA - Indonesian Idol Special Season atau Season 11 dimulai pada Senin, 16 November 2020. Sejumlah perubahan muncul dalam acara ini, salah satunya pergantian juri.

Rossa masuk mengisi posisi Bunga Citra Lestari atau akrab siapa BCL. Melalui media sosialnya, RCTI sebagai saluran televisi yang menayangkan acara ini mengumumkan perihal masuknya Rossa.

Sementara itu BCL, seraya menjelaskan alasannya mundur dari Indonesian Idol, mengucapkan selamat kepada musim terbaru ajang kompetisi pencarian bakat ini. “Mengambil waktu… Membangun kekuatanku… Selamat melahirkan idola baru untuk Indonesia,” kata BCL dalam unggahan tersebut.

Seperti kita tahu, tahun ini BCL ditinggal pergi sang suami, Ashraf Sinclair karena serangan jantung pada 18 Februari. BCL mengambil waktu rehat dari dunia hiburan selama beberapa bulan.

Baru-baru ini ia mulai aktif lagi dengan merilis lagu 12 Tahun Terindah dan mulai tampil di depan publik. Tetapi BCL memilih untuk tidak menjadi juri lagi pada Indonesian Idol tahun ini.

Untuk Rossa, ini bukan yang pertama baginya menjadi juri salah satu kompetisi menyanyi terbesar di Indonesia itu. Pada tahun 2010, ia sempat ditunjuk menjadi juri tamu bersama Anang, Agnes Monica, Erwin Gutawa. Pengalaman pertamanya menjadi juri saat itu membuatnya berkembang dan ia menjadi juri di berbagai kontes menyanyi lainnya.

Pelantun Terlanjur Cinta ini juga menjadi juri dalam kontes Indonesian Idol Junior musim ketiga di tahun 2018.

Meski kala itu 'hanya' ditunjuk menjadi juri tamu, kemampuan Rossa dalam memberikan penilaian terhadap peserta tidak diragukan. Rossa yang memiliki banyak pengalaman bekerja sama dengan berbagai musisi dapat memberikan pendapat yang membangun. Ia juga memberikan semangat dan dukungan kepada kontestan yang mengikuti acara.

Satu-satunya kekeliruan Rossa yang kami tahu terjadi pada Indonesian Idol 2013. Saat ia mengomentari penampilan Isa Raja yang membawakan lagu Give Me One Reason dari Tracy Chapman, ia tidak bisa membedakan perbedaan antara musik punk dan funk. Ya, malam itu, Rossa sempat membuat penggemar musik Tanah Air terhenyak.

Namun, pergantian juri dalam kompetisi Indonesian Idol bukan hal yang asing. BCL sendiri baru menjadi juri tetap selama dua tahun sebelum digantikan Rossa. Tidak ada aturan khusus tentang pemilihan juri Indonesian Idol sehingga musisi atau penyanyi siapapun bisa menempati kursi tersebut.

Di sisi lain, minat penonton akan Indonesian Idol juga terus meningkat. Video para kontestan yang melakukan audisi di Indonesian Idol mendapat jutaan view walaupun baru diunggah. Karena itu, baik Rossa atau BCL pastinya mampu menarik perhatian masyarakat Indonesia.

Di luar soal juri, Daniel Mananta juga pamit sebagai host Indonesian Idol dan posisinya digantikan Boy William.