Buka Lomba Mural, Kapolri Sigit: Yang Berani Gambar Paling Pedas Bakal Jadi Sahabat Saya
Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo (Foto: Humas Polri)

Bagikan:

JAKARTA - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta para peserta Festival Mural Piala Kapolri 2021 untuk berani mengkritik jajarannya. Ia bahkan menjanjikan bagi peserta yang gambarnya paling bagus dan paling pedas akan menjadi sahabatnya.

Hal ini disampaikan Listyo saat membuka kegiatan yang bertema Peran Generasi Muda untuk Berkreasi dalam Menyampaikan Informasi yang Positif di Masa Pandemi COVID-19' pada Sabtu, 30 Oktober.

"Kami sampaikan kepada teman-teman nanti yang gambarnya bagus, akan ada dewan juri, khususnya tentang Polri kalau itu gambarnya paling pedas akan kami terima dan saya jamin yang berani gambar seperti itu akan jadi sahabat Kapolri, jadi teman Kapolri," kata Listyo yang disambut tepuk tangan para peserta yang hadir.

Dia mengatakan Polri selalu terbuka dengan ekspresi yang disampaikan masyarakat baik positif maupun negatif. Ekspresi positif, sambung Listyo, akan menjadi pemacu semangat mereka untuk bekerja semakin baik.

"Yang negatif juga boleh karena itu jadi bagian untuk kami merefleksi diri, introspeksi untuk berubah jadi lebih baik sesuai harapan masyarakat," tegasnya.

Lebih lanjut, Listyo juga memastikan seluruh peserta dapat menyalurkan ekspresinya tanpa perlu khawatir mereka akan diciduk nantinya. Dia memastikan kebebasan berekspresi adalah hal yang dilindungi oleh undang-undang meski dalam pelaksanaannya harus tetap memperhatikan aturan yang berlaku dan tidak boleh merugikan orang lain.

"Saya tegaskan Polri sangat menghormati kebebasan berekspresi. Tadi Pak Presiden sudah sampaikan bahwa Indonesia dalah negara yang sangat demokratis dan menghargai kebebasan berekspresi. Oleh karena itu, kami sebagai institusi memegang teguh aturan yang ada, arahan Bapak Presiden," ungkapnya.

Lagipula, Listyo meyakini seluruh masukan yang disampaikan masyarakat termasuk para peserta lomba adalah salah satu sarana agar Polri dapat terus memperbaiki kinerja dan sikap para personil.

"Sehingga kita mempersiapkan institusi ini agar lebih baik, agar Polri bisa dipercaya publik dan Polri yang dicintai masyarakat," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Polri menggelar festival atau lomba seni mural Piala Kapolri 2021 dengan tema Peran Generasi Muda untuk Berkreasi dalam Menyampaikan Informasi yang Positif di Masa Pandemi COVID-19.

Kegiatan ini dilaksanakan di Lapangan Bhayangkara. Adapun, pendaftaran lomba yang merebutkan Piala Kapolri tersebut telah dibuka pada 27 September hingga 17 Oktober di tingkat Polda dan 20 Oktober 2021 di Mabes Polri.

Selain diperbolehkan untuk berkarya memberikan kritik, Polri juga memberikan sub-tema lain berupa peduli sesama di masa Pandemi COVID-19, bersama menjalankan protokol kesehatan, Indonesia sehat dan kuat, bebas dari COVID-19, serta bersama menjaga Indonesia.