Bocoran Anak Buah Anies, Timnas Bakal Lawan Barcelona dan Real Madrid Sampai BTS Gelar Konser di JIS
Suasana pembangunan Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto, menyebut Jakarta International Stadium (JIS) akan menggelar pertandingan persahabatan antara Tim Nasional (Timnas) Indonesia melawan klub sepak bola Spanyol.

Hal itu diungkapkan Widi saat memberikan sambutan saat acara kunjungan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi DKI Jakarta, di stadion yang terletak di Jakarta Utara tersebut.

Widi menuturkan, pertandingan persahabatan ini akan digelar pada bulan Desember mendatang, ketika pembangunan Stadion JIS sudah mencapai 90 persen. Klub yang akan bertandang ke Jakarta mulai dari Barcelona hingga Real Madrid.

"Bulan Desember perkiraan sudah 90 persen dan kita insyaallah mengadakan pertandingan persahabatan antara U-19, PSSI All Star, melawan tim dari luar ya, dari Barcelona, Real Madrid. Semuanya dari Spanyol," kata Widi di Stadion JIS, Jumat, 22 Oktober.

Widi menuturkan, Jakpro bersama PSSI sudah menerima surat penawaran pertandingan persahabatan dari klub sepak bola asal Spanyol tersebut.

Rencananya, pertandingan tersebut digelar saat peresmian Stadion JIS sekaligus memulai pertandingan sepak bola hingga final.

"Kita sudah terima surat penawaran dari Barca, Juve, dan Madrid. Di sini lawannya Indoneisa All star. Juara 1,2, 3 di sini. Finalnya di sini (Stadion JIS). Jadi, peresmian sekaligus event acara," ungkap Widi.


Tak hanya itu, Grup Korean Pop (K-Pop) asal Korea Selatan Bangtan Boys (BTS) berencana menggelar konser di Jakarta Internasional Stadium (JIS) pada 2022.

Widi menuturkan, JIS akan dilengkapi dengan sistem audio (sound system) berteknologi canggih yang mendukung untuk menggelar konser-konser besar.

"Sound system-nya juga menggunakan echo jadi kalau pun nanti ada BTS, rencana BTS akan manggung juga mungkin di tahun depan, itu nanti menggunakan sound yang bagus," tutur Widi.

Sistem audio tersebut juga didukung dengan ruang tertutup di dalam JIS sehingga suara musik terdengar lebih bagus dibanding konser di Stadion Gelora Bung Karno (GBK)

"Atap kita tutup, jadi suaranya sangat bagus, beda dengan yang di GBK, karena kita pakai sound system canggih, sudah diperhitungkan," ungkap Widi.

Widi mengatakan Jakpro sudah menjalin komunikasi awal dengan pihak manajemen BTS, dan mendapat tanggapan yang cukup baik.

"Sudah ada komunikasi, baru komunikasi awal lah ya dan mereka ada waktu kosong sebenarnya di bulan tertentu di tahun depan," ujar Widi.

Saat ini, progres pembangunan JIS sudah mencapai 76,52 persen. Peluncuran tidak resmi (soft launching) stadion akan dilakukan pada 10 Desember 2021. Sementara grand launching atau peresmian JIS dijadwalkan berlangsung pada Maret 2022 mendatang.

Disebutkan, JIS akan menjadi stadion terbesar di Indonesia berstandar FIFA bahkan menjadi 10 besar stadion termegah di dunia, berdasarkan versi media Daily Mail yang berbasis di London, Inggris.

Teknologi yang dipasang di stadion ini antara lain lifting struktur atap stadion dengan bobot terberat yang diangkat secara bersamaan, stadion pertama yang menggunakan sistem atap buka-tutup, dan stadion green building dengan sertifikasi platinum pertama.