Lepas Jabatan di Polri Sebelum Dilantik Jokowi, Siapa Pengganti Komjen Paulus Waterpauw?
Komjen Paulus Waterpaw (Foto: DOK ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Komisaris Jenderal (Komjen) Paulus Waterpauw resmi melepas jabatannya sebagai Kepala Badan Intelejen dan Keamanan (Kabaintelkan) Polri.

Alasannya, dia telah dilantik untuk menjabat sebagai Deputi Bidang Pengelolaan Potensi Kawasan Perbatasan di Badan Nasional Pengelola Perbatasan (BNPP) Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

"Sebelum dilantik, Komjen Paulus sudah pamit dan menyerahkan jabatannya sebagai Kabaintelkam kepada Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono dalam keterangannya, Jumat, 22 Oktober.

Penyerahan jabatan itu, kata Argo, telah sesuai dengan Peraturan Kapolri Nomor 849 Tahun 2015 tentang Status Jabatan di Lingkungan Polri. Sehingga, posisi Kabaintelkam sementara diisi oleh Wakabaintelkam, Irjen Suntana.

"Kabaintelkam yang telah menyerahkan tugasnya ke Kapolri maka secara otomatis tugas dan tanggung jawabnya dilaksanakan oleh Wakabaintelkam," ucap Argo.

Kemudian, untuk memilih sosok yang tepat sebagai pengganti Komjen Paulus Waterpauw bakal diserahkan kepada Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti). Saat ini, proses pencarian kandidat masih dilakukan.

"Siapa pengantinya masih menunggu proses di Wanjakti," singkat Argo

Sebagai informasi, Komjen Paulus Waterpauw resmi dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Deputi BNPP Depdagri. Pelantikan itu termaktub dalam surat keputusan Presiden Indonesia Nomor 147/TPA tahun 2021 tentang pemberhentian dan pengangkatan pimpinan tinggi madya di lingkungan BNPP.