Sosialisasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, Mendikbudristek Nadiem Dorong Kampus Berinovasi
Mendikbudristek Nadiem Makarim di Surabaya/IST

Bagikan:

SURABAYA - Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menggelar pertemuan bersama perwakilan kampus se-Jawa Timur. Nadiem mensosialisasikan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM).

"Terus terang mereka bilang sama saya bahwa perubahan terus terjadi. Saya bilang, ayo bikin program. Saya juga sudah berdialog dengan seluruh rektor Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta, juga kepada seluruh dosen," kata Nadiem saat hadir di Institut Teknologi 10 November (ITS) Surabaya, Kamis, 21 Oktober.

Nadiem mendorong perguruan tinggi untuk berani berubah dan terus berinovasi. Nadiem pun mengapresiasi berbagai program yang telah dilakukan oleh PTN dan PTS di Indonesia. 

"Saya juga mendorong mahasiswa untuk berani turun ke lapangan. Misalnya dua semester belajar di luar prodi, tiga semester di luar kampus," katanya.

Berdasarkan data Kemendikbudristek, Nadiem menyebut Jatim memiliki partisipasi mahasiswa terbesar dalam program MBKM. Program-program MBKM yang dilakukan Perguruan tinggi di Jatim mayoritas di bidang inovasi dan research.

"Saya lihat data Jatim, partisipasi mahasiswa besar. Saya ingin lihat Jatim jadi pionir dalam menciptakan program. Jangan nunggu pemerintah gerak. Harus buat program," ujarnya.

Nadiem menyatakan Kemendikbud ristek siap menganggarkan program yang diajukan oleh perguruan tinggi. Dia berharap banyak program yang diajukan. 

"Kami siap memberi dana program, kalau ada yang mengajukan," katanya.