Antusias Masyarakat Ikuti Pilkades Serentak 60 Desa di Kabupaten Batanghari
Warga Desa Tebing Tinggi menyalurkan hak suaranya pada Pemilihan Kepala Desa di Desa Tebing Tinggi, Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi/Antara

Bagikan:

BATANGHARI - Sebanyak 60 desa di Kabupaten Batanghari, Provinsi Jambi, Kamis, melaksanakan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak.

"Pada hari ini dilaksanakan pilkades serentak, logistik pilkades satu hari menjelang pemungutan suara sudah didistribusikan ke TPS, seperti surat suara dan bilik dan logistik lainnya," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Batanghari Arif Budiman di Batanghari, dilansir Antara, Kamis, 21 Oktober.

Sebanyak 60 Desa yang melaksanakan pilkades serentak tahun 2021 tersebar di delapan kecamatan di daerah itu, yakni di Kecamatan Muara Bulian, Bajubang, Pemayung, Maro Sebo Ilir, Muara Tembesi, Batin XXIV, Mersam dan Kecamatan Maro Sebo Ulu.

Dari 60 desa yang melaksanakan pilkades tersebut terdapat 84.085 daftar pemilih tetap (DPT) yang akan menyalurkan hak suaranya di 274 TPS yang tersebar di 60 desa itu.

Arif Budiman menjelaskan surat suara yang disiapkan untuk pilkades tersebut sebanyak 86.187 surat suara. Jumlah surat suara tersebut sesuai dengan jumlah DPT ditambah dengan 2,5 persen dari jumlah DPT sebagai surat suara cadangan jika terjadi kerusakan terhadap surat suara.

Pilkades serentak tersebut dilaksanakan dari pukul 07.30 WIB sampai dengan pukul 14.00 WIB.

Ketua Panitia Pemungutan Suara (PPS) Desa Tebing Tinggi Kecamatan Pemayung Tarmizi mengatakan sampai dengan pukul 14.00 WIB pemungutan suara kepala desa di tutup. Jika sudah melewati pukul 14.00 WIB maka warga tidak lagi diperkenankan memberikan hak suaranya.

"Pelaksanaan pilkades di Desa Tebing Tinggi berjalan lancar, aman dan tertib, serta masyarakat cukup antusias mengikuti pelaksanaan pilkades ini," kata Tarmizi.

Pelaksanaan pilkades tersebut diharapkan dapat menghasilkan kepala desa yang berkualitas karena pemilihannya dilaksanakan dengan demokratis.

Karena masih berada di masa pandemi COVID-19, pilkades serentak di Kabupaten Batanghari dilaksanakan dengan penerapan protokol kesehatan COVID-19, diantaranya penerapan 4M, memakai masker, mencuci tangan, menghindari kerumunan dan menjaga jarak.