Anies Lanjutkan Kerja Sama dengan Daerah Lain, Kini Pemkab Gorontalo dan Blitar
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali menjalin kerja sama antardaerah/Humas DKI Jakarta

Bagikan:

JAKARTA - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali menjalin kerja sama antardaerah. Saat ini kerja sama dilakukan dengan Pemerintah Kabupaten Gorontalo dan Blitar.

Dalam proses penandatanganan memorandum of understanding (MoU) antara Pemprov DKI dengan Pemkab Gorontalo dan Blitar, Anies menyebut pemda mesti bekerja sama untuk memulihkan ekonomi akibat pandemi COVID-19.

"Indonesia terlalu besar untuk kita bekerja sendiri-sendiri. Pemerintahan pusat telah menjalankan berbagai macam program. Nah, kita di daerah mendukung dengan percepatan ekonomi melalui kerja sama antardaerah seperti ini. Melalui hal ini kita berharap bisa berjalan bersama secara berkelanjutan, dengan saling memberikan manfaat," kata Anies di Balai Kota DKI, Kamis, 21 Oktober.

Dalam hal ini, Pemprov DKI menjalankan kerja sama dengan Pemkab Gorontalo sebagai upaya mengembangkan potensi masing-masing daerah dan peningkatan pelayanan publik.

Sementara, kerja sama dengan Pemkab Blitar dilakukan dalam rangka penyediaan kebutuhan pangan, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat di wilayah kerja masing-masing.

Untuk menjalankan kerja sama yang dilakukan, Anies mendorong BUMD sebagai ujung tombak penyedia supply, sedangkan SKPD bertugas sebagai pengajuan demand. Sehingga, menurutnya, stabilitas porsi kerja berjalan sesuai jalurnya.

"Inilah mekanisme pasar yang kita inginkan. Semoga kita di Jakarta, Blitar dan Gorontalo bisa saling merasakan manfaat. Kita juga bisa mewujudkannya secara nyata, melalui kerja sama yang berlandaskan keadilan sosial," tutur Anies.

Seperti diketahui, awal kerja sama dengan daerah lain dilakukan Anies saat mengikuti kegiatan panen raya di Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah, pada Jumat, 16 April lalu. Panen raya ini merupakan kerja sama kontrak di bidang pangan antara PT Food Station Tjipinang Jaya dengan Gapoktan Sumber Makmur Cilacap.

Anies melanjutkan perjalanannya bertemu dengan Bupati Kuningan Acep Purnama untuk membahas peluang kerja sama di bidang pangan.

Pada Minggu, 25 April, Anies bertolak ke Ngawi, Jawa Timur untuk kembali melakukan kerja sama guna memperluas cakupan serapan gabah untuk pasokan beras di Jakarta.

Selanjutnya, pada 28 April lalu, Anies menerima kedatangan Bupati Sumedang Dony Ahmad Munir dan Sekda Sumedang Herman Suryatman di Balai Kota DKI Jakarta. Anies dan Dony berencana meningkatkan kerja sama di berbagai bidang antara Pemkab Sumedang dengan Jakarta, mulai dari pangan hingga pariwisata.