Sekelompok Mahasiswa di Belanda Sukses Bangun Campervan Ramah Lingkungan
Campervan Stella Vita. (Sumber: Solar Team Eindhoven)

Bagikan:

JAKARTA - Bepergian di sepanjang jalan raya Eropa, sebuah campervan bernama "Stella Vita" telah melaju hampir 2.000 kilometer (1.242 mil) tanpa berhenti untuk mengisi bahan bakar atau mencolokkan daya.

Digambarkan sebagai "rumah mandiri di atas roda," campervan atau karavan memiliki panel surya yang dipasang di atapnya, sehingga cukup ditenagai oleh energi matahari saja.

Campervan ini dilengkapi dengan kebutuhan hidup termasuk tempat tidur double, sofa, area dapur, dan kamar mandi dengan shower, wastafel, dan toilet. Hal ini dapat memuat dua orang, yang dapat mengemudi, memasak sarapan dan menonton televisi hanya dengan menggunakan baterai bertenaga surya kendaraan, menurut penciptanya, 22 mahasiswa di Universitas Teknologi Eindhoven di Belanda.

"Tujuan utamanya adalah untuk benar-benar menginspirasi orang dan pasar dan masyarakat untuk mempercepat transisi menuju masa depan yang lebih berkelanjutan," kata Tijn Ter Horst, 21 tahun, anggota Solar Team Eindhoven 2021, yang membuat kendaraan, dengan pendanaan dari sponsor, mengutip CNN 19 Oktober.

"Apa yang kami coba lakukan adalah menunjukkan kepada orang-orang dan menunjukkan kepada perusahaan apa yang sudah mungkin," sambungnya.

Tim mulai melakukan brainstorming untuk proyek tersebut September lalu dan mereka mendapatkan ide untuk Stella Vita dalam dua bulan. Dari November 2020 hingga Maret tahun ini, mereka mendesain campervan, bertujuan untuk membuatnya se-aerodinamis dan seringan mungkin sambil tetap terlihat bagus.

campervan stella vita
Campervan Stella Vita. (Sumber: Solar Team Eindhoven)

Pada Bulan Juli, mereka telah selesai membangunnya dan mulai menguji kendaraan di jalan. Karavan ini memiliki lisensi untuk digunakan di jalan umum pada awal September dan memulai tur Eropanya pada akhir bulan itu.

Setelah memulai di Eindhoven, tim mengakhiri perjalanan mereka di Tarifa, ujung paling selatan Spanyol, pada 15 Oktober, menempuh perjalanan sejauh 3.000 kilometer (1.860 mil).

Masalah teknis di awal tur membuat campervan ini awalnya harus diangkut menggunakan trailer. Namun, setelah diselesaikan, ia mampu menempuh hampir 2.000 kilometer.

"Ini adalah mobil yang terlihat sangat khusus sehingga ketika Anda mengemudi, misalnya, Paris atau kota lain, semua orang di sana melambaikan tangan, mengambil foto," tukas Horst.

"Senang melihat apa yang kami capai dalam satu tahun dan kami sangat menantikan untuk menginspirasi lebih banyak orang lagi," lanjutnya.

Kendaraan biasanya dapat melakukan perjalanan hingga 600 kilometer (373 mil) dengan baterai 60 kWhnya saat terisi penuh, bahkan di malam hari dan saat mendung.

Sementara pada hari ketika matahari bersinar, jangkauannya bertambah 130 kilometer (81 mil). Tim melaju sekitar 300 kilometer (186 mil) antara setiap tujuan, dengan kecepatan tertinggi 120 kilometer (75 mil) per jam.

Saat diparkir, atap yang dapat diperpanjang dapat naik untuk memungkinkan penumpang berdiri, dan panel surya tambahan meluncur keluar dari samping, menggandakan permukaan surya dari 8,8 meter persegi menjadi 17,5 meter persegi. Saat tidak bergerak, penumpang juga dapat melacak konsumsi energi mereka menggunakan sistem infotainment built-in.

"Ini menciptakan kesadaran energi. Anda dapat melihat berapa banyak energi yang masuk dari matahari, berapa banyak energi yang ada di baterai Anda dan kemudian memberitahu Anda, misalnya jika Anda ingin membuat pancake, berapa banyak energi yang dibutuhkan untuk membuat pancake," paparnya.

campervan stella vita
Campervan Stella Vita. (Sumber: Solar Team Eindhoven)

Untuk diketahui, ini bukan kendaraan bertenaga surya pertama yang dibuat oleh universitas. Solar Team Eindhoven 2013 membuat apa yang disebutnya sebagai mobil keluarga bertenaga surya pertama di dunia, dan tim siswa telah membuat mobil keluarga baru setiap dua tahun sejak itu.

Tim tahun ini memutuskan, "ini saatnya untuk mengambil langkah berikutnya dalam mobilitas" dengan menciptakan kendaraan yang memungkinkan orang untuk hidup dengan energi matahari, bukan hanya mengendarainya, tukas Horst.

"Mobil surya sebelumnya yang dibuat tim menghasilkan begitu banyak energi sehingga mereka bahkan dapat menggerakkan kendaraan listrik lainnya. Jadi itulah mengapa kami datang dengan ide, oke, apa yang akan kita lakukan dengan energi ekstra itu?" imbuhnya.

Lima alumni Solar Team Eindhoven sukses mendirikan Lightyear pada tahun 2016, sebuah perusahaan yang secara komersial memproduksi mobil solar keluarga. Horst ingin Stella Vita juga mendorong pasar ke depan, menambahkan, "Saya pikir ada banyak hal yang dapat diadopsi dan digunakan oleh sektor mobilitas lengkap. Kami akan mencoba melanjutkan misi kami ketika kami kembali ke rumah."