PPKM Level 1, 8 Taman di Surabaya Akan Dibuka
ILUSTRASI/TAMAN KOTA DI SURABAYA/DOK ANTARA HO PEMKOT SURABAYA

Bagikan:

SURABAYA - Sebanyak delapan dari 39 taman di Surabaya akan dibuka pada Jumat, 22 Oktober. Pembukaan ini terkait penerapan PPKM level 1.

"Alhamdulillah 8 taman di Surabaya sudah boleh buka," kata Kepala DKRTH Anan Fajriatin, dikonfirmasi, Selasa, 19 Oktober. 

Taman yang boleh buka yakni Taman Flora, Taman Sejarah, Taman Cahaya, Taman Harmoni, Taman Pelangi, Taman Kebun Bibit Wonorejo, Taman Prestasi dan Taman Ekspresi. Menurut Anna, pemilihan delapan taman itu karena mencakup wilayah yang berbeda-beda. 

"Sehingga warga nggak perlu jauh-jauh kalau mau ke taman. Taman Bungkul nggak dulu meski banyak ditanya orang," katanya.

Kedelapan taman ini akan dibuka dalam dua sesi. Sesi pertama adalah pukul 06.00-12.00 WIB. Kemudian sesi kedua pukul 12.30-17.00 WIB. 

"Pengunjung dibatasi masuknya maksimal 30 menit. kalau di dalam taman 30 menit, diminta keluar dan ganti pengunjung lain. Supaya nggak berjubel," ujarnya.

Namun, aturan ini tidak dilakukan bila pengunjung taman relatif sepi. Pengunjung yang masuk juga diwajibkan menggunakan scan QR Code Aplikasi PeduliLindungi.

Bila uji coba pembukaan delapan taman ini sukses berjalan selama tiga hari, maka seluruh taman akan bisa dibuka pada Senin, 25 Oktober mendatang. Untuk itu, asesmen dari satgas COVID-19 terus dilangsungkan.

"Asesmen satgas meliputi luas taman, jumlah pengunjung 1 sesi, dan pengamanan dari satgas mandiri. Penglaman tahun kemarin kan kita pakai alat hitung dan stempel. Nah itu akan diterapkan lagi," kata Anna.

Evaluasi dari pembukaan taman sebelumnya, lanjut Anna, adalah pengunjung yang berjubel . Dia mencontohkan perbandingan pengunjung Taman Pelangi dan Taman Harmoni. Kedua taman memiliki luas yang berbeda.

"Asesmen nggak bisa disamaratakan. Kalau di satu taman cuma boleh ada 100 yang bisa masuk taman, kan di taman yang luasnya lebih kecil bakal berjubel. Jadi kami lakukan penyesuaian," ujarnya.