Turis Asing Sepi Tapi Wisatawan Lokal Meramaikan Bali, 20 Ribu Orang Masuk Bali ke per Hari
Pantai Kuta Badung Bali (DOK ANTARA)

Bagikan:

DENPASAR - Gubernur Bali Wayan Koster menyebut melandainya kasus COVID-19 di Bali membuat kedatangan wisatawan domestik berangsur meningkat.

"Dengan melandainya kasus COVID-19 di Provinsi Bali, kedatangan wisatawan domestik yang kita pantau melalui Bandara Ngurah Rai sudah terus meningkat," kata Koster di gedung DPRD Bali, Senin, 18 Oktober.

Koster menerangkan, saat kasus COVID-19 di Bali sedang meningkat wisatawan domestik hanya mencapai 500 hingga 1.000 orang yang datang per hari ke Bali. Namun, ketika kasus melandai berangsur naik dari 2.000 orang per hari hingga saat ini mencapai 20 ribu lebih.

"Kemarin sudah 10 ribu lebih yang melalui Bandara I Gusti Ngurah Rai. Maka pesawatnya sekarang penuh terus. (maskapai) Garuda yang tadinya hanya dua penerbangan. Saya sudah minta tambah dua penerbangan lagi, sekarang sudah empat kali penerbangan," ujarnya.

"Sekarang yang lewat darat sudah mencapai puluhan ribu. Jadi kira-kira dalam satu hari itu, 20 ribu lebih wisatawan domestik yang perjalanan melalui udara atau lewat darat sampai di Bali," imbuh Koster.

Meningkatkannya kunjungan wisatawan domestik mirip seperti pada akhir tahun 2020 lalu. Saat itu, keuntungan ekonomi Bali positif 2,8 persen.

"Ini mirip situasi di akhir tahun 2020 yang lalu. Ketika itu triwulan ll, 2021 keuntungan ekonomi kita positif 2,8 persen. Saya kira di triwulan ke tiga kita akan masih negatif kontraksi karena berlaku PPKM tapi di triwulan 4 akan positif lagi," ujar Koster.

"Saya kira, akan membawa  perubahan ke depan dan kita harus bekerja keras supaya situasi dapat kita tangani dan kelola dengan sebaik-baiknya," tutur Koster.

Terkait