Ganjar Pranowo Angkat Piala, Jateng Provinsi Terbaik Kesetaraan Gender 4 Kali Berturut-turut
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo/FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

SEMARANG - Jawa Tengah meraih penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak empat kali berturut-turut setelah kembali dinobatkan sebagai provinsi dengan kesetaraan gender terbaik se-Indonesia.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyampaikan selamat kepada semua pihak yang telah bekerja keras dalam upaya mewujudkan kesetaraan gender di Jateng.

Menurut Ganjar, pengarusutamaan gender memang menjadi fokus utama dalam pemerintahannya.

"Karena selain kodrat, tidak ada satu hal pun yang pantas untuk diperbedakan dan gender bukan penghalang meraih kesuksesan," katanya dikutip Antara, Kamis, 14 Oktober.

Ganjar menegaskan semua orang yang berdiri tegap di bawah Merah Putih mempunyai hak yang sama, tidak peduli apakah itu laki-laki maupun perempuan.

"Jadilah manusia sebaik-baiknya dan jalani kehidupan ini sehormat-hormatnya. Kami yang berada di pemerintahan Provinsi Jateng meyakini dan menjalankan prinsip itu dengan seksama agar bisa memberikan pengabdian yang optimal," ujarnya.

Anugerah Parahita Ekapraya tahun 2020 diberikan secara langsung oleh Menteri PPPA I Gusti Ayu Bintang Darmawati kepada 13 kementerian/lembaga, 29 pemerintah provinsi, dan 266 kabupaten/kota.

Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi pemerintah pusat atas komitmen dan peran pemerintah daerah dalam pembangunan sektor perempuan dan anak, khususnya melalui strategi pengarusutamaan gender.

Selain Jateng, penerima penghargaan Kategori Mentor, yakni Rembang. Sedangkan 12 kabupaten/kota di Jateng mendapat penghargaan kategori Utama, 13 kabupaten/kota mendapat kategori Madya dan delapan kabupaten/kota meraih penghargaan kategori Pratama.