Meski Pernah Jadi Timses Jokowi, Ketua Tim Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu Janji Independen
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian bersama tim seleksi KPU-Bawaslu (Diah/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Ketua Tim Seleksi Calon Anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) masa jabatan 2022-2027, Juri Ardiantoro berjanji akan bekerja secara independen.

Ia mengaku akan melakukan proses seleksi calon penyelenggara pemilu dengan cara yang berintegritas. Meskipun, diketahui Juri pernah menjadi salah satu tim sukses (timses) Joko Widodo dan Ma'ruf Amin.

Pada 2019, Juri menjabat sebagai Wakil Direktur Hukum dan Advokasi Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin untuk pemilihan presiden lalu. Sebelumnya, Juri pernah menjabat sebagai Ketua KPU RI tahun 2016 hingga 2017.

"Kami semua punya komitmen yang sama untuk bekerja secara terbuka, transparan, dan tentu saja imparsial, independen, untuk menyaknkan kepada masyarakat bahwa kami bisa bekerja dengan baik sesuai yang diperintahkan oleh undang-undang," kata Juri dalam konferensi pers di kantor Kemendagri, Selasa, 12 Oktober.

Sementara itu, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian memastikan pemerintah tidak ikut mencampuri kerja Tim Seleksi Calon Anggota KPU dan Bawaslu.

"Kemendagri tentunya tidak ikut campur, tidak mengintervensi. Kerja tim seleksi ini adalah kerja yang independen," ujar Tito.

Tito berharap, siapapun nama yang akan terpilih sebagai Anggota KPU dan Bawaslu lima tahun mendatang akan sanggup menjalani pekerjaannya sebagai penyelenggara pemilu.

Seperti yang sudah diketahui, mereka akan menyelenggarakan Pemilu Serentak 2024, mulai dari pemilihan calon presiden-wakil presiden, DPR, DPRD, DPD, hingga kepala daerah. Persiapan pemilu pun sudah dimulai setahun sebelumnya.

"Ini mgkn salah satu pengalaman baru bagi kita. Karena cukup berat beban kerja itu, tentu memerlukan sosok anggota KPU dan Bawaslu yang sehat jasmani rohani, kuat di bawah tekanan stres dan lain-lain," ucap Tito.

"Serta, bisa membuat terobosan-terobosan yang kreatif sehingga penyelenggaran pemilu 2024 bisa lebih efisien dan lebih singkat, sehingga keterbelahan masyarakat juga tidak berkepanjangan," lanjutnya.

Diketahui, Presiden Jokowi telah memilih 11 nama anggota Tim Seleksi Calon Anggota KPU-Bawaslu lewat Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 120/P Tahun 2021.

Berikut 11 nama anggota tim seleksi calon anggota KPU-Bawaslu:

Ketua merangkap anggota: Juri Ardiantoro

Wakil ketua merangkap anggota: Chandra M Hamzah

Sekretaris merangkap anggota:Bahtiar

Anggota:

- Edward Omar Sharif Hiariej

- Airlangga Pribadi Usman

- Hamdi Muluk

- Endang Sulastri

- I Dewa Gede Palguna

- Abdul Ghaffar Rozin

- Betti Alisjahbana

- Poengky Indarty

Terkait