Kebakaran Hutan Yunani: Api Mendekati Kamp Militer Penyimpan Peledak
Ilustrasi foto (Museums Victoria/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Kebakaran hutan terjadi di dekat Desa Kechries, Peloponnese Timur, Yunani pada hari Rabu, 22 Juli. Kebakaran meluas dan makin sulit dikendalikan akibat angin kencang.

Petugas pemadam kebakaran mengaku kewalahan. Penanganan akhirnya difokuskan pada upaya evakuasi warga yang berada di permukiman terdekat, termasuk anak-anak di kamp "Summerfun" yang segera diamankan ke daerah di dekat pantai desa.

Pohon-pohon pinus membuat api menjalar dengan cepat dan menyebabkan asap tebal yang menyelimuti hutan. Laju api bahkan telah mendekati sebuah kamp militer yang menyimpan banyak bahan peledak.

“Api berkobar karena angin kencang. Kami merekomendasikan evakuasi tiga permukiman. Sejauh ini tidak ada cedera atau kerusakan pada rumah,” kata seorang petugas pemadam kebakaran, dikutip Reuters, Kamis, 23 Juli.

Setidaknya 70 petugas pemadam kebakaran diterjunkan. Bantuan diberikan oleh banyak sukarelawan. Otoritas setempat juga mengirim lima helikopter dan dua pesawat untuk mempercepat pemadaman api.

Kala berita ini ditulis, bala bantuan dari Yunani Utara mulai bergerak ke lokasi. Bantuan lain juga dilaporkan dalam perjalanan ke Kechries.

Kerchies adalah sebuah desa di Kota Korintus. Nama desa itu diambil dari kota pelabuhan kuno, Kenchreai. Tempat itu dikenal sebagai surga dunia yang dikelilingi hutan rimbun dan pemandian lokal yang kesohor.