Rata-Rata Kesembuhan COVID-19 di Indonesia Mencapai 54,47 Persen
Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito (Foto: Humas BNPB)

Bagikan:

JAKARTA - Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito menyebut persentase kesembuhan pasien COVID-19 di Indonesia mencapai 54,47 persen. Hal ini berdasarkan data pada 19 Juli.

"Rata-rata kesembuhannya adalah 52,47 persen. Di mana dari 34 provinsi yang ada di Indonesia, 23 provinsi dengan jumlah angka kesembuhannya di atas angka nasional. Ini adalah kabar baik," kata Wiku dalam konferensi pers yang ditayangkan di akun YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 21 Juli.

Sementara untuk 11 provinsi lainnya, kata Wiku, angka kesembuhannya masih berada di bawah angka nasional. "Ini yang harusnya kita dorong agar angka kesembuhannya naik secara rata-rata," tegasnya.

Dalam pemaparannya, Wiku menyebut daerah yang memiliki persentase kesembuhan kasus positif tertinggi dipimpin oleh Kalimantan Barat dengan jumlah 97,77 persen. Selanjutnya, di posisi kedua terdapat Kepulauan Bangka Belitung dengan angka mencapai 94,89 persen.

Kemudian Sulawesi Tengah mencapai 89,8 persen; Kalimantan Utara mencapai 88,89 persen, dan Kepulauan Riau mencapai 87,25 persen.

Sedangkan untuk angka kesembuhan tertinggi dipimpin oleh DKI Jakarta sebanyak 10.405 orang dan disusul Jawa Timur 9.330 orang.

Lebih lanjut, di posisi ketiga Sulawesi Selatan dengan angka kesembuhan mencapai 4.198 orang, Jawa Tengah 3.183 orang, dan Jawa Barat 2.174 orang.

Sementara terkait perkembangan zonasi, dia mengatakan ada 35 kabupaten/kota di Indonesia yang memiliki risiko tinggi penularan COVID-19, 169 kabupaten/kota dengan risiko sedang, 210 kabupaten/kota dengan risiko rendah, dan 52 kabupaten/kota tidak melaporkan kasus baru selama empat minggu terakhir serta melaporkan kesembuhan pasien hingga 100 persen.

Sebelumnya, Wiku menjelaskan dirinya tidak akan membacakan update harian penambahan jumlah kasus di Indonesia. Sebagai gantinya, masyarakat bisa mengaksesnya secara langsung di situs www.covid19.go.id.

"Terjadi perubahan pengumuman kasus COVID harian yang sebelumnya disampaikan Dirjen P2P Kementerian Kesehatan dr Achmad Yurianto, selanjutnya update kasus harian dapat dilihat di portal www.covid19.go.id," kata Wiku dalam konferensi pers yang ditayangkan di akun Sekretariat Presiden, Kamis, 21 Juli.

Sebagai gantinya, Wiku hanya akan menjelaskan zonasi penyebaran virus tersebut termasuk angka kesembuhan di sejumlah daerah.