RS Jenderal TNI L.B. Moerdani di Merauke Papua Dibangun Hanya 20 Hari, Diresmikan Jokowi Hari Ini
Presiden Joko Widodo (Foto: Tangkap Layar YouTube Sekretariat Presiden)

Bagikan:

JAKARTA - Presiden Joko Widodo meresmikan Rumah Sakit Jenderal TNI L.B. Moerdani di Merauke, Papua pada hari ini. Jokowi didampingi sejumlah menteri dan Ketua DPR RI, Puan Maharani.

Dalam peresmiannya, Jokowi menyebut RS Jenderal TNI L.B. Moerdani sudah siap dimanfaatkan untuk melayani masyarakat utamanya masyarakat di kabupaten merauke.

"Pada sore hari ini pembangunan Rumah Sakit Jenderal TNI L. B. Moerdani sudah selesai dan siap dmanfaatkan untuk melayani masyarakat, utamanya masyarakat di kabupaten Merauke," kata Jokowi dalam tayangan Youtube Sekretariat Presiden, Minggu, 3 Oktober.

Jokowi menuturkan, rumah sakit yang hanya dibangun sekitar 20 hari ini awalnya diperuntukkan khusus menanganai COVID-19 di Papua, khususnya di Kabupaten Merauke.

"Tapi karena kasus-kasus COVID-19 sekarang ini sudah menurun dan melandai, ini juga selain untuk mendukung pelaksanaan PON ke-20 di Papua, nanti juga bisa dimanfaatkan pasca-PON untuk melayani seluruh masyarakat yang ada," tutur Jokowi.

Dalam pantauannya, Jokowi memandang RS ini memiliki fasilitas yang lengkap, mulai dari ruang rawat inap isolasi, karantina, laboratorium, IGD, OK, dan radiologi, dan farmasi.

Jokowi bilang, fasilitas ini sangat dibutuhkan untuk membantu penanganan-penanganan masyarakat yang sakit dengan pelayanan kesehatan yang cepat, mudah, dan terjangkau.

Terlebih, di masa pandemi seperti sekarang ini, fasilitas kesehatan di semua negara sangat dibutuhkan terutama di daerah-daerah yang sulit tejangkau agar masyarakat terlayani ketika menghadapi masalah kesehatan.

"Saya berpesan RS ini dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk melayani seluruh masyarakat dengan pelayanan yang cepat dan nyaman," pungkasnya.