Sebelum Istirahat di Hotel, Jokowi Beli Noken Dulu dari Mama-mama di Pinggir Jalan
Foto via Setkab

Bagikan:

JAKARTA - Iring-iringan kendaraan Presiden Jokowi berhenti di jalanan Kota Jayapura sebelum mencapai hotel tempat dia bakal istirahat. Jokowi tertarik dengan tas rajutan khas Papua yang dikenal dengan Noken.

Setelah menempuh penerbangan kurang lebih lima jam, Presiden Jokowi sudah ada di Jayapura, Jumat 1 Oktober. Jokowi di sini untuk membuka secara resmi pesta olahraga terbesar nasional PON.

Dalam perjalanan ke hotel, Jokowi tertarik dengan tas rajutan asli Papua yang dijual "mama-mama" di Jalan Raya Hawai Sentani.

"Tas apa ini?" tanya Presiden kepada Paulina Adi, salah seorang mama penjual noken.

"Ini tas terbuat dari kulit kayu, Bapak," ucap Paulina.

Setelah melihat-lihat dan memilih, Presiden kemudian memutuskan untuk membeli dua noken.

Selain Paulina Adi, terdapat juga Anastasya Keren dan Yulita Tebay yang juga menjual noken hasil rajutannya sendiri. Mereka berharap dengan adanya perhelatan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX di Papua, akan banyak orang yang membeli tas rajutan asli Papua tersebut.

Kepala Negara sebelumnya tiba di Bandar Udara Sentani, Kabupaten Jayapura, Jumat, pada pukul 16.20 WIT. Setibanya di bandara, Jokowi langsung memakai noken. Ia juga disambut dengan tarian selamat datang khas Sentani dengan iringan tetabuhan tifa.

Presiden dan rombongan langsung menuju hotel untuk bermalam, dan akan melanjutkan agenda kerja esok hari, di antaranya membuka Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua, dan meresmikan sejumlah infrastruktur.

Turut menyambut kedatangan Presiden di Bandara Sentani yaitu Pangkogabwilhan III Letjen TNI Jeffry Apoly Rahawarin, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono, Kapolda Papua Irjen Pol. Mathius D. Fakhiri, dan Pangkoopsau III Marsda TNI Samsul Rizal, sedangkan Gubernur Papua Lukas Enembe menyambut di Hotel tempat Presiden bermalam.

Terkait