Bobby Nasution Bersiap Normalisasi Sungai Bedera Medan, Anggaran Pembebasan Lahan Capai Rp71 Miliar
Wali Kota Medan Bobby Nasution meninjau kondisi sungai di Medan. Bobby bakal melakukan normalisasi sungai/FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

MEDAN - Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Medan menyebut pembebasan lahan menormalisasi Sungai Bedera diperkirakan menelan anggaran sebesar Rp71 miliar.

Kepala Bappeda Kota Medan, Benny Iskandar menyebut dari total jumlah anggaran itu di antaranya Rp58 miliar untuk pembebasan lahan warga di daerah ini.

"Pemko Medan sendiri telah menyiapkan anggaran Rp35 miliar untuk pembebasan lahan di wilayah Medan. Anggaran kita ini sudah 'ready' saat proses appraisal selesai," katanya dikutip Antara, Kamis, 30 September.

Balai Wilayah Sungai Sumatera II, lanjut dia, hingga kini sedang melakukan kajian ketiga sungai yang dinormalisasi, yakni Sungai Bedera, Sungai Deli dan Sungai Babura.

"Sungai yang pertama dinormalisasi adalah Bedera. Sungai ini mempunyai banyak cakupan wilayah yang terkena banjir," ujar dia.

Perkembangan terkini, terangnya, Pemprov Sumut akan membuat penetapan lokasi dan menentukan penilaian harga tanah sebelum dilakukan pembebasan lahan.

Pembebasan lahan warga untuk menormalisasi ketiga sungai di wilayah Kabupaten Deli Serdang, Sumut, tegas dia, tidak dilakukan oleh Pemko Medan

"Untuk kekurangan anggaran pembebasan lahan di wilayah Medan, diharapkan adanya kucuran anggaran dari Pemprov Sumut," tutur Benny.