Atasi Kekosongan SPBU, Inggris Terjunkan 150 Tentara untuk Mengemudikan Truk Tangki Bahan Bakar
Ilustrasi truk tanki bahan bakar. (Wikimedia Commons /Lommer)

Bagikan:

JAKARTA - Otoritas Inggris memerintahkan tentara pada Hari Rabu untuk mulai mengemudikan truk tangki bahan bakar, untuk mengisi stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang mengalami kekosongan, akibat pembelian panik masyarakat selama pekan ini.

Inggris telah dicengkeram oleh serbuan pembelian panik yang membuat pompa bensin di kota-kota besar kehabisan stok bahan bakar, setelah perusahaan minyak memperingatkan mereka tidak memiliki cukup pengemudi tanker untuk memindahkan bensin dan solar dari kilang ke stasiun pengisian bahan bakar.

Para penentang menyalahkan krisis pada ketidakmampuan pemerintah dan pendekatannya yang pantang menyerah terhadap Brexit, yang telah menghalangi para pengemudi dari Uni Eropa sejak Inggris meninggalkan pasar bersama tahun ini. Sementara, London mengatakan gangguan itu sebagian merupakan akibat tak terduga dari pandemi COVID-19.

Menteri Bisnis Kwasi Kwarteng mengatakan, 150 tentara akan mengemudikan tanker dalam beberapa hari, dan warga sipil akan memulai pengiriman pada Hari Rabu menggunakan armada cadangan pemerintah sekitar 80 kendaraan.

"Beberapa hari terakhir sulit, kami melihat antrian besar. Tapi saya pikir situasinya stabil, kami memasukkan bensin ke halaman depan. Saya pikir kami akan melihat jalan kami melalui ini," kata Kwarteng, mengutip Reuters 30 September.

PM Boris Johnson telah berusaha untuk meredakan kekhawatiran, mengatakan persediaan kembali normal, serta pada saat bersamaan mendesak masyarakat tidak melakukan pembelian panik.

Inggris diketahui mengalami kekurangan sekitar 100 ribu pengemudi truk, menyebabkan kekacauan rantai pasokan makanan hingga bahan bakar, membuat rak di toko-toko kosong dan kenaikan harga jelang Natal

Ditanya apakah dia bisa menjamin bahwa tidak akan ada masalah menjelang periode ritel yang sibuk, Kwarteng berkata, "Saya tidak menjamin apa-apa. Yang saya katakan adalah, saya pikir situasinya stabil."

Pada dini hari jam sibuk sudah ada antrian panjang mobil pada SPBU di dalam dan sekitar London dan di jalan raya orbital M25 yang sibuk mengelilingi ibu kota. Tanda-tanda dipasang di beberapa situs yang mengumumkan tidak ada bahan bakar yang tersedia.

Kemacetan telah memicu seruan bagi dokter, perawat, dan pekerja penting lainnya untuk diberikan akses prioritas ke bahan bakar, sebuah langkah yang ditentang PM Johnson.

Kelompok-kelompok industri mengatakan, kekurangan terburuk tampaknya terjadi di London, tenggara dan kota-kota Inggris lainnya. Perkelahian pecah saat pengemudi berdesak-desakan.

Teprisah, Asosiasi Pengecer Bensin (PRA), yang mewakili pengecer independen yang mencakup sekitar dua pertiga dari 8.380 SPBU Inggris mengatakan, sekitar 27 persen SPBU anggotanya kehabisan bahan bakar, turun dari 90 persen dua hari lalu.

Lebih banyak halaman depan melaporkan menerima pengiriman dan situasinya kemungkinan akan membaik lebih lanjut dalam 24 jam ke depan, tetapi staf mengalami pelecehan verbal dan fisik tingkat tinggi yang sama sekali tidak dapat diterima," kata Gordon Balmer, Direktur Eksekutif PRA.

Untuk mengatasi kekurangan tersebut, pemerintah mengatakan akan mengeluarkan visa sementara untuk 5.000 pengemudi asing, sebuah tindakan yang sebelumnya dikesampingkan setelah PM Johnson berkampanye untuk pembatasan perbatasan yang lebih ketat, sebagai bagian dari keputusan Brexit.

"Apa yang ingin kami lakukan adalah memastikan kami memiliki semua persiapan yang diperlukan untuk melewati sampai Natal dan seterusnya, tidak hanya dalam memasok pompa bensin, tetapi semua bagian dari rantai pasokan kami," tukas PM Johnson.

Pengangkut, pompa bensin, dan pengecer mengatakan tidak ada perbaikan cepat karena kekurangan pengemudi sangat akut, sementara pengangkutan bahan bakar menuntut pelatihan dan lisensi. Pengemudi Eropa mungkin juga enggan menerima tawaran visa, yang hanya berlaku hingga 24 Desember.