Di Depan Bobby Nasution, Fraksi PKS DPRD Medan Soroti 115 Kepala SD Rangkap Jabatan
Jubir Fraksi PKS DPRD Medan Rudiawan Sitorus/FOTO VIA ANTARA

Bagikan:

MEDAN - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) DPRD Kota Medan menyatakan fraksinya menyoroti 115 pelaksana tugas (plt) kepala SD Negeri di Kota Medan merangkap jabatan jadi kepala SD Negeri lainnya di daerah itu.

Hal ini dikemukakan Juru bicara Fraksi PKS DPRD Kota Medan, Rudiawan Sitorus di hadapan Wali Kota Medan Bobby Nasution dalam rapat paripurna dengan agenda pengesahan PAPBD 2021 di Medan, Selasa, 28 September.

"Fraksi PKS mendapatkan data bahwa 115 pelaksana tugas kepala sekolah merangkap jabatan di SD Negeri lain," kata dia dikutip Antara.

Masalah ini disebut menjadi persoalan serius SD Negeri di ibu kota provinsi Sumut, karena belum ada pengganti yang memenuhi persyaratan, yakni sertifikat calon kepala sekolah.

"Kami mendukung program pelatihan calon kepala sekolah SD Negeri yang dianggarkan sebesar Rp924,96 juta bagi 100 orang guru dalam PAPBD 2021," ujarnya.

Selain itu, kata Rudiawan, Fraksi PKS DPRD Kota Medan juga menemukan data bahwa ada sembilan SMP Negeri yang kepala sekolahnya berstatus pelaksana tugas agar segera dilantik menjadi kepala sekolah definitif.

"Dari data di Dinas Pendidikan Kota Medan, SDM-nya sudah memadai. Permendikbud No.6/2018 tentang Penugasan Guru Sebagai Kepala Sekolah, Pasal 15 menyatakan beban kerja kepala sekolah sepenuhnya melaksanakan tugas pokok manajerial, pengembangan kewirausahaan dan supervisi kepada guru dan tenaga kependidikan," ujarnya.