Heboh, Usia 10 Tahun Jokowi Sudah Hafal Al-Qur'an 40 Juz, Cek Faktanya!
Ilustrasi (Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - Akun Twitter Kimberley, @Kimberley20101 bikin heboh netizen dengan cuitan dalam tangkap layar sebuah pemberitaan di media daring. Judul media daring tersebut adalah 'Soal Tuduhan Jokowi Anti Islam, Luhut: Umur 10 Tahun Beliau Sudah Hafal Alquran 40 Juz.' Cuitan ini diunggah pada 14 September 2021 lalu. 

Kimberly lantas menulis dengan narasi, Anekdot
 Maksud hati mau buat orang lain kagum. Tapi apa daya, kebodohan lah yang dia tampakkan. Al Quran itu 30 Juz, pung. Sisa 10 juz itu surat apa? HGU?”. Cuitan tersebut mendapat atensi berupa 107 balasan, 107 retweet, dan 312 suka.  

Foto: Turnbachoax.id

Benar demikian? Mari cek!

Dilansir dari laman turnbackhoax.id, Senin, 27 September, foto tangkapan layar cuitan itu adalah hoaks yang kembali beredar. 

Foto Luhut Binsar Pandjaitan dalam tangkapan layar itu pernah dimuat pada artikel CNBC Indonesia berjudul 'Luhut: Jokowi Pilih Ma’ruf itu Blessing untuk Ekonomi RI.' yang tayang pada 14 agustus 2018 lalu.  

turnbackhoax

Sementara itu, dalam Qur'an terdapat 30 juz dengan nama yang berbeda, bukan 40 juz seperti yang disebutkan dalam foto tangkapan layar itu.

Turnbachoax menulis, isu serupa pernah dibahas dalam dua artikel Turn Back Hoax berjudul [SALAH] Soal Tuduhan Jokowi Anti Islam, Luhut: Umur 10 Tahun Beliau Sudah Hafal Alquran 40 Juz terbit pada 31 Agustus 2020

Dan, [SALAH] Gambar artikel berjudul “Luhut Sebut Sejak Kecil Jokowi Sudah Hafal 40 Juz Alquran terbit pada 8 April 2020.

"Dari berbagai fakta di atas, cuitan akun Twitter Kimberley (@Kimberley20101) dikategorikan sebagai konten yang menyesatkan."