Ke Jambi Saat Didemo BEM SI, Firli Bahuri Koordinasi Program Pemberantasan Korupsi Terintegrasi
Ketua KPK Firli Bahuri/DOK Humas KPK

Bagikan:

JAKARTA - Plt Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bidang Pencegahan Ipi Maryati menjelaskan Ketua KPK Firli Bahuri saat ini sedang berada di Jambi untuk melaksanakan program pemberantasan korupsi terintegrasi di wilayah tersebut.

Di saat yang bersamaan Aliansi Badan Eksekutif Mahasiswa Seluruh Indonesia (BEM SI) tengah melaksanakan aksi unjuk rasa buntut dari polemik Asesmen Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) yang berujung pada pemecatan 57 pegawai KPK.

Ipi mengatakan, rangkaian kegiatan ini dilaksanakan sejak Senin, 27 September hingga Jumat, 1 Oktober mendatang. Ada sejumlah rangkaian kegiatan yang akan dilakukan di antaranya Rapat Koordinasi (Rakor) Pencegahan Korupsi Pemerintah Daerah; Rapat Koordinasi Pencegahan Korupsi DPRD; Rapat Koordinasi aparat penegak hukum; serta Rapat Monitoring dan Evaluasi (monev) UKPBJ Pemprov Jambi.

Selain itu, kegiatan lainnya adalah Rapat Optimalisasi Pendapatan dan Pembenahan Aset Pemprov Jambi; Rapat Optimalisasi Pendapatan dan Aset Daerah Pemko Jambi; Rapat dengan Bank Jambi terkait implementasi Sistem Manajemen Anti Penyuapan (SMAP); dan Tinjauan Lapangan Aset Bermasalah.

"Mengawali rangkaian kegiatan KPK selama sepekan di Jambi, hari ini pukul 09.00-12.00 Ketua KPK beserta jajaran Direktorat Korsup wilayah I KPK akan menghadiri Rakor Pencegahan Korupsi Pemerintah Daerah Se-Provinsi Jambi bertempat di Auditorium Rumah Dinas Gubernur Jambi," kata Ipi kepada wartawan, Senin, 27 September.

Ipi mengatakan, rangkaian kegiatan merupakan bagian dari implementasi penguatan tata kelola pemerintahan daerah yang baik. Apalagi, komisi antirasuah telah memetakan dan mengidentifikasi titik rawan korupsi di daerah yang meliputi delapan area intervensi lewat Monitoring Center for Prevention (MCP).

Kedelapan area intervensi tersebut, yaitu Perencanaan dan Penganggaran APBD, Pengadaan Barang dan Jasa, Perizinan, Pengawasan APIP, Manajemen ASN, Optimalisasi Pajak Daerah, Manajemen Aset Daerah, dan Tata Kelola Keuangan Desa.

Dalam rakor tersebut, nantinya ada beberapa agenda seperti penandatanganan komitmen bersama program pemberantasan korupsi terintegrasi oleh kepala daerah di Jambi, serah terima sertifikat aset tanah pemda, peluncuran implementasi pendidikan antikorupsi di Pemko Jambi, peluncuran sistem whistleblowing Pemprov Jambi, hingga peluncuran sistem whistleblowing dan buku panduan pencegahan korupsi di PT. Bank Jambi.

Diberitakan sebelumnya, BEM SI memutuskan menggelar aksi demonstrasi di depan Gedung Merah Putih KPK, Kuningan Persada, Jakarta Selatan hari ini.

"Kami gerakan selamatkan KPK pada hari ini berkumpul menindaklanjuti dengan apa yang menjadi jawaban dari pak Presiden hingga saat ini tidak memberikan keberpihakannya terhadap pegawai KPK," ucap Koordinator Isu Hukum & Ham BEM SI 2021, Zakky Musthofa Zuhad, dalam akun Intagram @bem_si, Minggu, 26 September.

"Maka, seperti ultimatum yang kami telah berikan 3x—24 jam dan ternyata belum ada jawaban sesuai dengan janji kami, kami akan turun ke jalan," sambungnya.