Buntut Vandalisme Tugu Sepatu, Wagub DKI Riza Patria Bakal Siapkan Lokasi Grafiti
Tugu sepatu yang terkena aksi vandalisme (Foto: Twitter @ArizaPatria)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengaku pihaknya akan menyiapkan wadah untuk menyalurkan kegiatan grafiti di Jakarta. Hal ini merupakan buntut dari aksi vandalisme terhadap tugu sepatu yang ada di kawasan Sudirman, Jakarta Pusat.

"Nanti kita akan pikirkan ya, tempat-tempat yang baik bagi teman-teman untuk melangsungkan, menyalurkan ide, gagasan, kreativitas dengan baik. Nanti dicarikan tempatnya dan dikoordinasikan ke dinas terkait," kata Riza di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Senin, 20 September.

Riza mempersilakan jika pemuda-pemudi di Jakarta ingin menyalurkan kreativitasnya. Namun, bukan berarti mereka bisa seenaknya corat-coret di fasilitas publik.

"Teman-teman atau adik-adik yang punya kemampuan kreativitas yang baik tentang mural, tentang grafiti, agar tidak melangsungkan kegiatannya di tempat umum, seperti kemarin di tugu sepatu. Laksanakanlah di tempat yang baik yang memungkinkan," ujarnya.

Diberitakan sebelumnya, Tugu sepatu jadi korban aksi vandalisme. Hal ini menyebabkan warga yang hendak berfoto di depan instalasi tersebut merasa terganggu.

Sebagai informasi, tugu ini merupakan hasil kolaborasi sejumlah pihak termasuk BUMD PT Jakarta Tourisindo. Instalasi berwujud sepatu ini dibangun di dekat Stasiun Sudirman BNI City, Jakarta Pusat.

Riza menyayangkan aksi vandalisme pada tugu yang belum lama diresmikan tersebut. Padahal, kata Riza, pembuatan tugu hasil kolaborasi itu dapat mempercantik Jakarta.

"Tugu sepatu itu dibuat hasil kolaborasi utnuk mempercantik kota Jakarta, untuk memberi kesempatan kreativitas UMKM. Kemudian kan ada yang corat coret ada yang tidak bijak dan tidak baik," ujar dia.

Karenanya, Riza memastikan pelaku vandalisme Tugu Sepatu di Sudirman akan diusut tuntas oleh aparat penegak hukum. "Tentu nanti aparat akan mengusut tuntas siapa yang melakukannya," tuturnya.