Vandalisme Tugu Sepatu, Wagub: Aparat Bakal Usut Pelakunya
Instalasi seni berbentuk sepatu yang menjadi sasaran vandalisme (Foto @arizapatria)

Bagikan:

JAKARTA - Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memastikan pelaku vandalisme Tugu Sepatu di Sudirman, Jakarta Pusat akan diusut tuntas oleh aparat penegak hukum.

Hal ini disampaikan Riza Patria setelah mengetahui adanya aksi corat-coret di tugu yang telah diresmikan pada Senin, 13 September lalu.

"Tentu nanti aparat akan mengusut tuntas siapa yang melakukannya," tegas Riza kepada wartawan di Jakarta, Minggu, 19 September.

Dia mengatakan, warga Jakarta khususnya anak muda tidak dilarang untuk melakukan mural. Hanya saja, Riza meminta kreatifitas tersebut disalurkan pada tempat dan medium yang tepat.

Apalagi, pihaknya merasa tidak pernah melarang anak muda untuk berkreasi bahkan memberikan kesempatan seluas-luasnya untuk meningkatkan kreatifitasnya.

"Namun, harus tahu tempatnya. Jangan kegiatan-kegiatan tersebut dilakukan pada tempat yang tidak pada tempatnya. Tugu sepatu itu kan bagian dari ikon Kota Jakarta jangan kemudian dinodai dengan vandalisme," tegas Riza.

Diberitakan sebelumnya, Tugu Sepatu jadi korban aksi vandalisme. Hal ini menyebabkan warga yang hendak berfoto di depan instalasi tersebut merasa terganggu.

Sebagai informasi, tugu ini merupakan hasil kolaborasi sejumlah pihak termasuk BUMD PT Jakarta Tourisindo. Instalasi berwujud sepatu ini dibangun di dekat Stasiun Sudirman BNI City, Jakarta Pusat.