IHSG Akhir Pekan Dibuka Melemah Tipis 0,16 Persen ke Level 5.044,80
Gedung Bursa Efek Indonesia. (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat pada perdagangan Jumat 10 Juli. IHSG dibuka menguat tipis 0,16 persen atau 8,00 poin ke level 5.044,80.

Membuka perdagangan, 26 saham menguat, 49 saham melemah, dan 58 saham stagnan. Voluem perdagangan tercatat 35,54 juta lembar saham dan ditransaksikan senilai Rp16,44 miliar.

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama memprediksi IHSG hari ini akan berakhir di zona merah. Berdasarkan analisis teknikalnya, indeks akan bergerak di area support dan resistance di level 4.975,54 hingga 5.172,37.

"Mengindikasikan adanya potensi koreksi wajar lanjutan pada pergerakan IHSG hari ini," kata Nafan dalam risetnya.

Adapun sejumlah saham yang dia rekomendasikan untuk dicermati investor hari ini  di antaranya, saham PT Puradelta Lestari Tbk (DMAS), PT Indah Kiat Pulp and Paper Tbk (INKP), PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR), PT Malindo Feedmill Tbk (MAIN), dan PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI).

Sementara, pendapat berbeda diungkapkan analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nai. Ia mengatakan, IHSG hari ini berpotensi untuk bergerak menguat.

Berdasarkan analisisnya, area support dan resistance hari ini ada di rentang level antara 5.015 hingga 5.150. Secara teknikal, IHSG bergerak terkonsolidasi pada area jenuh beli, meskipun peluang penguatan masih cenderung terlihat secara momentum.

"IHSG akan kembali uji area support psikologis sebagai konfirmasi penguatan lanjutan, bila mampu bertahan di atas level tersebut," kata Lanjar.

Menurutnya, ada beberapa saham yang masih dapat dicermati oleh investor hari ini, berdasarkan analisisnya secara teknikal, diantaranya PT Ace Hardware Indonesia Tbk (ACES), PT Adaro Energy Tbk (ADRO), PT Ciputra Development Tbk (CTRA), PT Indika Energy Tbk (INDY), PT Bukit Asam Tbk (PTBA), dan PT Wijaya Karya Tbk (WIKA).