Ini Dia, Tips Menghindari Pohon Tumbang di Musim Hujan
Pohon tumbang menimpa mobil di jalan/ Foto: The Tribune India

Bagikan:

JAKARTA – Memasuki musim hujan, banyak hal yang perlu diperhatikan. Khususnya bagi pengguna jalan raya dan pengendara motor atau mobil untuk lebih fokus berkendara. Tak bisa dipungkiri, sejumlah peristiwa pohon tumbang kerap terjadi di sekitar kita. Bahkan sampai menimbulkan korban jiwa, dan kerugian material. Lalu bagaimana menghindari pohon tumbang di jalan saat berkendara?

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah tips menghindari pohon tumbang saat berkendara di musim hujan:

1. Pantau perkembangan cuaca. Sebelum berangkat ke tujuan, pastikan dulu Anda mendapat informasi cuaca. Bisa melalui aplikasi di smartphone atau melihat berita.

2. Ambil keputusan. Jika saat itu hujan lebat dan angin kencang, sedangkan keperluan tidak begitu mendesak, sebaiknya Anda bisa menunda atau menunggu hujan berhenti.

3. Peta digital. Manfaatkan pula peta digital untuk memilih rute yang relatif aman dari potensi macet akibat hujan atau risiko adanya obyek besar tumbang.

4. Sosial Media. Anda juga bisa memantau sosial media dari akun resmi polisi, media online, pengelola jalan tol, atau akun lain yang sering memberi info terkini mengenai lalu lintas.

5. Waspada di Jalan. Namun bila kondisi hujan lebat disertai angin kencang terjadi di tengah perjalanan, maka kamu dituntut agar lebih fokus, meningkatkan kewaspadaan dan mengurangi kecepatan.

Foto: mixkit

6. Fokus. Kalau tiba-tiba di depan ada benda jatuh, seperti pohon atau tiang listrik, perhatikan arah jatuh dari obyek tersebut.

7. Tetap Tenang. Jangan panik dan tetap fokus ke jalan.

8. Lihat kendaraan sekitar. Bila jatuhnya tidak mengarah ke mobil kamu atau jalur jalan yang kamu lalui, cukup angkat kaki dari pedal gas sembari waspadai kondisi sekeliling mobil.

9. Upayakan jangan kaget. Tidak perlu manuver menghindar atau mengerem mendadak bila tidak diperlukan.

10. Opsi rem. Jika jatuhnya obyek ke arah mobil atau ke jalur yang akan kamu lalui, lakukan pengurangan laju dengan melakukan pengereman.

11. Jangan panik. Sesuaikan daya pengereman dengan situasi yang berkembang.

Berkaitan dengan semua itu, pantau kondisi di belakang mobil lewat kaca dan pahami posisi pohon atau tiang yang tumbang. Artinya, jika pohonnya tumbang dari sisi kiri, segera intip kaca spion mobil sebelah kanan, begitu pula sebaliknya. Kalau aman dan jika memang dibutuhkan, segera lakukan manuver menghindar ke arah berlawanan. Tapi jangan terlalu agresif karena biasanya kondisi jalan licin, dan sekali lagi pastikan kondisi jalan aman.

Jika sudah aman, tepikan mobil dan perhatikan apakah ada kerusakan terjadi di mobil kamu.

Saat Parkir.

Bagaimana supaya tidak tertimpa pohon atau obyek lain seperti billboard dan tiang listrik saat parkir?

Jalan terbaik adalah mencari tempat parkir aman yang tidak berada di area terbuka, apalagi di bawah pohon rindang.

Benda besar yang rapuh, rentan tumbang saat ada angin besar. Parkiran di dalam gedung merupakan tempat yang paling aman. Atau kalau terpaksa di luar, perhatikan situasi sekitar dari risiko kejatuhan obyek.