PKK Katingan Salurkan Bantuan Sembako ke Dapur Umum Banjir Kalteng
Ketua PKK Katingan Daurwaty Sakariyas (masker merah) memberikan bantuan sembako untuk dapur umum banjir di Kansongan, Kamis 9 September. (Foto Antara)

Bagikan:

KASONGAN, KALTENG - Ketua Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kabupaten Katingan, Kalimantan Tengah, Daurwaty Sakariyas menyerahkan bantuan sembako untuk dapur umum korban banjir yang berada di sejumlah desa di Kecamatan Tasik Payawan. "Mari kita sama-sama berdoa agar bencana banjir ini segera berlalu, tetap patuhi protokol kesehatan, jaga kesehatan," kata Daurwaty di Kasongan, Jumat 10 September.

Setiap desa yang didatangi disalurkan sumbangan sembako berupa 50 kilogram beras, 7 dus mie, 2 dus sarden dan 5 bungkus minyak goreng dengan desa yang dikunjungi di antaranya Desa Talian Kereng, Tumbang Liting, Tewang Kadamba, Luwuk kiri, Luwuk Kanan, Tumbang Panggo, daerah Petak Bahandang dan daerah Pendahara.

Di tempat yang sama, Bupati Sakariyas mengatakan upaya yang telah pemerintah lakukan dalam penanganan paska banjir, baik itu mendirikan posko pengungsian, dapur umum dan tim dari BPBD pun sudah turun ke lokasi banjir yang dapat dijangkau oleh armada mereka.

Sakariyas menjelaskan bantuan yang telah disalurkan untuk masyarakat terdampak banjir selain dari Pemkab Katingan juga bantuan dari Gubernur Kalimantan Tengah, Kapolda, Danrem, Kajati serta semua pihak dan relawan dari maupun dari luar daerah Kabupaten Katingan.

"Kami selaku pemerintah kabupaten mengucapkan berterima kasih kepada Gubernur Sugianto Sabran yang telah memberikan perhatian dan bantuannya kepada masyarakat Katingan. Begitu juga kepada pihak-pihak lain," katanya.

Dia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada para petugas TNI, Polri, Satpol PP, BPBD, Dinsos, Perhubungan, tim kesehatan serta instansi vertikal lainnya yang terjun langsung di lapangan yang tidak kenal lelah membantu masyarakat .

Sementara itu, Wakil Bupati Katingan Sunardi Litang saat memantau posko banjir dan dapur umum di Gedung LPTQ Jalan Soekarno-Hatta Kasongan mengapresiasi para relawan dari wilayah Provinsi Kalimantan Selatan yang selama ini turut membantu warga korban banjir di daerahnya.

"Beberapa hari lalu sebetulnya kita sudah kedatangan beberapa teman-teman relawan dari wilayah Provinsi Kalsel, ini luar biasa karena jumlah mereka banyak sekali," kata dia.

Sunardi menjelaskan, selain dari BPBD Kalsel, ada beberapa kelompok relawan dari beberapa kabupaten di Kalsel juga datang membantu korban banjir di Katingan.

Misalnya dari Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), kemudian dari Kandangan Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), mahasiswa pencinta alam Kalsel. Termasuk juga relawan dari Marabahan juga akan datang memberi bantuan para korban banjir di Katingan.

"Kami atas nama Pemerintah Kabupaten Katingan menyampaikan banyak terima kasih atas sumbangan dari rekan-rekan dari Kalsel ini, tidak ada yang kami sampaikan selain kata semboyan, upahmu besar di surga kawan," demikian Sunardi.

Jumat pagi kembali datang Tim Kemanusiaan utusan Muhammadiyah Kalimantan Selatan dilengkapi dengan sejumlah armada angkutan berat dan dua perahu karet lengkap dengan logistik menuju daerah banjir di Kabupaten Katingan setelah dilepas Ketua PWM Kalteng Dr.H.Ahmad Syar'i.