IHSG Rabu Dibuka Menguat 0,08 Persen ke Level 4.990,90
Gedung Bursa Efek Indonesia. (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat pada perdagangan Rabu 8 Juli. IHSG dibuka menguat tipis 0,08 persen atau 3,83 poin ke level 4.990,90.

Membuka perdagangan, 50 saham menguat, 31 saham melemah, dan 78 saham stagnan. Volume perdagangan tercatat 55,64 juta lembar saham dan ditransaksikan senilai Rp24,73 miliar.

Analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gusta Utama menilai bahwa IHSG hari ini akan bergerak melanjutkan koreksi. Berdasarkan analisisnya secara teknikal, rentang area support dan resistance ada di level 4.865 hingga 5.097.

"Mengindikasikan adanya potensi koreksi wajar lanjutan pada pergerakan IHSG hari ini," kata Nafan.

Adapun sejumlah rekomendasi saham yang dapat menjadi pertimbangan investor, antara lain PT Astra Agro Lestari Tbk (AALI), PT Adhi Karya Tbk (ADHI), PT Charoen Pokphand Indonesia Tbk (CPIN), PT Gudang Garam Tbk (GGRM), PT HM Sampoerna Tbk (HMSP), dan PT Matahari Department Store Tbk (LPPF).

Senada, analis Reliance Sekuritas Lanjar Nafi mengatakan bahwa laju IHSG di perdagangan hari ini akan berupaya menuju teritori positif dan mempertahankan posisi di zona hijau.

"Sehingga, IHSG diperkirakan bergerak moderat di zona positif dengan support-resistance di level 4.960-5.120," ucap Lanjar.

Nah, di tengah upaya IHSG untuk berbalik arah menuju zona hijau pada perdagangan hari ini, Lanjar menyodorkan sejumlah saham yang bisa dicermati pelaku pasar, yakni PT AKR Corporindo Tbk (AKRA), PT Aneka Tambang Tbk (ANTM), PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR), PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAPI), dan PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM).