IHSG Rabu Dibuka Menguat 0,04 Persen ke Level, 4.628,83
Gedung Bursa Efek Indonesia. (Angga Nugraha/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) dibuka menguat pada perdagangan Rabu 27 Mei. IHSG mampu menguat tipis 0,04 persen atau 2,03 poin ke level 4.628,83.

Membuka perdagangan, 38 saham menguat, 7 saham melemah, dan 16 saham stagnan. Volume perdagangan tercatat 23,48 juta lembar saham dan ditransaksikan senilai Rp20,95 miliar.

Analis Reliance Sekuritas Indonesia Lanjar Nafi juga memprediksi IHSG hari ini bergerak di zona hijau. Secara teknikal, indeks akan bergerak di level 4.579 hingga 4.790.

Salah satu faktornya kata Lanjar, yaitu data klaim pengangguran Amerika Serikat (AS). Selain itu, harga minyak mentah WTI yang naik melewati 34 dolar AS per barel di New York.

"Pelaku pasar berharap ada penyeimbang kembali harga minyak, setelah penurunan produksi," kata Lanjar dlam risetnya.

Saham-saham yang bisa dicermati secara teknikal pada hari ini, yaitu PT Ace Hardware Indonesia (ACES), PT AKR Corporindo (AKRA), PT Bank Central Indonesia (BBCA), PT Barito Pacific (BRPT), PT Bumi Serpong Damai (BSDE), dan PT Unilever Indonesia (UNVR).

Sementara analis Binaartha Sekuritas M. Nafan Aji Gustama mengatakan IHSG akan dibayangi sentimen dari penerapan pembatasan lockdown di negara maju serta pembatasan sosial berskala besar (PSBB) di dalam negeri.

Secara teknikal, kata Nafan, masih ada peluang penguatan IHSG hari ini. Adapun sejumlah rekomendasi saham yang dapat menjadi pertimbangan investor, antara lain PT Agung Podomoro Land Tbk (APLN), PT Sri Rejeki Isman Tbk (SRIL), dan PT Sarana Menara Nusantara Tbk (TOWR).