Suara Ledakan Sebelum Kebakaran Lapas Tangerang Dibantah, Polisi Sibuk Telusuri Dugaan Kelalaian
Kebakaran di Lapas Tangerang (ANTARA)

Bagikan:

JAKARTA - Dugaan adanya tindak pidana di balik insiden kebakaran maut Lembaga Permasyarakatan (Lapas) Kelas I Tangerang terus didalami. Salah satu terkait dugaan kelalain petugas yang menjadi penyebab kebakaran.

"Iya, iya (dugaan kelalain petugas)," ucap Direkrut Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat saat dihubungi, Kamis, 9 September.

Meski demikian, Tubagus belum mau menyampaikan hasil sementara proses penyelidikan. Alasannya, proses pemeriksaan saksi dan pengumpulan bukti masih berjalan.

"Baru pemeriksaan belum kelar (selesai) semua kok. Jangan diburu-buru," kata Tubagus.

Sementara saat disinggung mengenai informasi yang beredar soal terdengar suara ledakan sebelum api muncul, Tabagus membantah. Dari hasil pemeriksaan saksi-saksi tidak ditemukan perihal tersebut.

"Nggak ada," singkat Tubagus.

Sebelumnya, muncul dugaan adanya unsur tindak pidana di balik insiden kebakaran.

Namun, perlu proses penyelidikan lebih lanjut untuk membuktikannya.

Dalam proses pembuktian, pemeriksaan saksi pun dilakukan. Sampai saat ini, puluhan saksi sudah dimintai keterangan.

"Saat ini kita sedang melakukan (pemeriksaan) 20 orang saksi," kata Tubagus.

Puluhan saksi itu terdiri dari petugas jaga, warga sekitar, dan para narapidana. Pemeriksaan pun dilakukan di Polres Metro Tangerang.

"(Saksi) Piket penjaga tadi malam, kemudian yang kedua adalah (warga) di sekitaran dan yang ketiga adalah penghuni di blok tersebut yang masih bisa dimintai keterangan," papar Tubagus.