PMKS di Titik Rawan Kerap Kelabui Tim Reaksi Cepat (TRC)
PMKS di Jakarta/ Foto: Antara

Bagikan:

JAKARTA – Sebagai upaya menekan keberadaan penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) di jalanan, Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat akan kerahkan tim reaksi cepat (TRC) dengan memperketat penjagaan di titik-titik rawan PMKS.

Kepala Suku Dinas Sosial (Kasudinsos) Jakarta Pusat, Abdul Salam mengatakan bahwa pihaknya telah memerintahkan petugas TRC untuk melakukan penyisiran di kantong-kantong yang ada PMKS, seperti di daerah Tugu Tani, Gunung Agung, Jakarta Pusat.

"Kita akan lakukan operasi kejut untuk menjaring PMKS yang ada di Jakarta Pusat," ucap Abdul Salam saat dihubungi VOI, Rabu 8 September, malam.

Selain melakukan penyisiran di lokasi-lokasi rawan PMKS, lanjutnya, petugas Sudinsos Jakpus juga akan ditempatkan di titik yang dianggap rawan akan PMKS. Dengan ini diharapkan bisa menjaring para PMKS yang ada di Jakarta Pusat.

"Kita sudah tempatkan para TRC. Mereka juga sama dengan Pelayanan, Pengawasan, dan Pengendalian Sosial (P3S)," katanya.

Menurut Alam, sapaan akrabnya, kerap kali petugas terkecoh oleh para PMKS. Ketika petugas sampai di lokasi biasanya para PMKS sudah lebih tahu akan kedatangan petugas.

"Kalau info bocor saat razia tidak ada, tapi mereka saat kita datang langsung kabur," katanya.