Jubir PAN ke Saipul Jamil: Sudah Sepantasnya Mantan Narapidana Pencabulan Anak Tak Diberi Panggung di Tanah Air
Selebritas Saipul Jamil saat bebas dari Lembaga Permasyarakatan Kelas 1 Cipinang, Jakarta, Kamis (2/9/2021). (Foto: Yogi Rachman/Antara)

Bagikan:

JAKARTA - Partai Amanat Nasional (PAN) mendesak stasiun televisi untuk menghentikan semua tayangan yang menampilkan pedangdut Saipul Jamil di semua acara.

Juru bicara muda PAN Aliah Sayuti, menilai publik figur yang berstatus mantan narapidana pencabulan tidak sepantasnya diberikan panggung untuk menyiarkan perayaan kebebasan.

“Saat korban masih berjuang melepas trauma, Saipul Jamil masih diundang di stasiun televisi dan disambut meriah di hari kebebasannya seperti seorang pahlawan. Sudah sepantasnya seorang mantan narapidana pencabulan anak tidak diberikan panggung lagi di dunia hiburan tanah air," ujar Aliah kepada wartawan, Selasa, 7 September.

Apalagi, sambungnya, aksi protes masyarakat juga semakin tidak terbendung. Di mana, petisi penolakan Saipul Jamil kembali ke Televisi di Change.org kini telah ditandatangi 465.922 orang.

“Ingat, ini frekuensi publik dimana televisi memiliki tanggung jawab moral kepada masyarakat. Jadi dengarkan suara rakyat dan berikan tayangan yang mengedukasi,” tegasnya.

Aliah mengingatkan televisi nasional agar memperhatikan respons besar masyarakat yang memiliki perhatian pada kasus-kasus yang dilakukan Saipul Jamil. 

"Sebelum terjerat kasus, Saipul Jamil merupakan publik figur yang kerap tampil di layar kaca dan berperan penting dalam peningkatan rating acaranya. Namun saat Saipul Jamil bebas, bukan berarti televisi bisa menggunakan sosoknya lagi demi menaikan rating,” tutup Aliah.