Gempa Bali, Warga di Kuta Selatan Rasakan Guncangan
ILUSTRASI/ANTARA

Bagikan:

BADUNG - Gempa bumi tektonik terjadi di wilayah Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, Bali.

"Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M 3,9. Tepatnya berlokasi di laut pada jarak 37 km barat daya Kuta Selatan Bali, pada kedalaman 75 km," kata Kepala Balai BMKG Wilayah III Denpasar, Bali, Agus Wahyu Raharjo, Rabu, 8 September malam.

Gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi menengah akibat adanya aktivitas subduksi lempeng Indo-Australia di bawah lempeng Eurasia.

Sementara, untuk dampak gempa bumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan dirasakan di wilayah Kuta Selatan. Untuk getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang. 

"Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan tsunami dengan sumber gempabumi tektonik menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," papar Raharjo.

Hingga pukul 20.41 WIT, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan atau aftershock.

Masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya. Selain itu, agar menghindari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. 

"Periksa dan pastikan bangungan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah," ujar Raharjo.