Kawasan Rumah Padat Penduduk di Muara Baru Hangus Terbakar
Foto:IST

Bagikan:

JAKARTA – Si jago merah melumat puluhan rumah di Jalan Muara Baru Ujung, Gang Pabrik Baja Blok H, RT 016 RW 17, Kelurahan Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara,.

“Ada warga datang ke pos yang melapor terjadi kebakaran di Muara Baru,” ucap Kasi Operasional, Suku Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu Abdul Wahid, Sabtu 4 September.

Mendapati laporan tersebut, sebanyak 17 unit mobil pemadam kebakaran langsung dikerahkan ke lokasi. Empat unit di antaranya merupakan bantuan dari Jakarta Barat.

“Jumlah personel yang diterjunkan ke lokasi ada 85 orang dan tiba di lokasi pukul 11.35 WIB,” ujar Wahid.

Lokasi kebakaran yang merupakan permukiman padat penduduk sempat membuat kesulitan para petugas di lapangan. Api baru bisa dinyatakan benar-benar padam beberapa jam kemudian.

“Selesai operasi pukul 14.38 WIB dengan luas area kebakaran 15 x 50 meter,” sambung Wahid.

Berdasarkan penyelidikan, penyebab kebakaran diduga akibat korsleting listrik dari salah satu rumah warga dan merembet ke warga lainnya.

“Korsleting listrik dari rumah warga yang diduga berasal dari rumah Pak Misang Daeng dan lalu membesar,” ucapnya.

Akibat peristiwa tersebut, sebanyak 30 kepala keluarga (KK) dengan 120 jiwa harus kehilangan tempat tinggal. Sementara pada peristiwa itu tak sampai menimbulkan korban jiwa.

“Bangunan yang terbakar ada 30 rumah,” kata Wahid.