VIDEO: Penjelasan Menkes soal Surat Keterangan Vaksin Jokowi Bocor
DOK VOI

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin menyebut proses pemasukan data atau data entry di Indonesia masih buruk. Sebab, dalam proses itu kerap terjadi kesalahan.

Pernyataan itu disampaikan ketika menanggapi persoalan beredarnya surat keterangan vaksinasi COVID-19 Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Data entry kan Indonesia sering terjadi kesalahan, niatnya ke sana (perbaikan)," ucap Budi di Polda Metro Jaya, Jumat, 3 September.

Karena itu, Budi mengatakan perlu ada perbaikan sistem. Sebab, aplikasi PeduliLindungi digunakan oleh seluruh masyarakat untuk memeriksa status vaksinasi.

Terlebih, vakasinasi terlah menjadi syarat untuk masyarakat berkegiatan. Misalnya di pusat perbelanjaan maupun bandara.

"Yang bisa mengakses adalah semua aplikasi-aplikasi yang ada di setiap aktivitas, misalnya check-in di airport, mau check-in ke mal atau mau masuk ke industri, kantor," tandas Budi.

Sebelumnya, Budi Gunadi Sadikin menegaskan sudah menutup data pribadi pejabat negara. Penutupan ini merupakan tidak lanjut dari kebocoran surat keterangan vaksinasi COVID-19 Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Jadi memang yang pertama kami sampaikan tadi malam terinfo soal ini. Sekarang sudah dirapikan, data para pejabat ditutup," ucap Budi.

Simak selengkapnya di video ini: