Tangkap Seseorang di Sentani, Polda Papua Sita 3 Pucuk Senpi, Satu di Antaranya Organik
Ilustrasi senjata api laras panjang. ANTARA/Ridwan Triatmodjo

Bagikan:

PAPUA - Anggota Direktorat Kriminal Umum Polda Papua menyita tiga pucuk senjata api beserta lima magasen amunisinya di kawasan Sentani, Kabupaten Jayapura, Papua.

"Memang benar ada seseorang yang diamankan beserta tiga pucuk senpi sekitar pukul 10.00 WIT," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Papua Kombes Faisal Rahmadani di Jayapura, Antara, Jumat, 3 Agustus.

Penyerangan bersenjata sering dilakukan kelompok bersenjata terhadap alat negara di Papua. Lokasi yang menjadi medan tempur petugas dengan kelompok bersenjata misalnya di Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

Pada 9 Agustus lalu, petugas menyita 15 senjata api dari kelompok bersenjata Fernando Worabai di Kabupaten Kepulauan Yapen, Papua.

Worabai merupakan kelompok baru dari deretan kelompok bersenjata yang sering mengacaukan keamanan di Papua.

pada Minggu dini hari, 16 Agustus lalu, kelompok ini sempat melepaskan tembakan ke personel Satgas Operasi Nemangkawi. Saat itu dua anggota kelompok bersenjata ditembak personel gabungan TNI-polisi.

Dua anggota mereka tewas di tempat dan satu melarikan diri dalam keadaan terluka.  Setelah baku tembak terjadi Satgas mendapati mereka memiliki persenjataan perorangan pabrikan, di antaranya AK-47 dan M-16.