Detik-detik Penangkapan Senat Soll, Pimpinan KKB Dalang Pembunuh Staf KPU Yahukimo
Pimpinan KKB Senat Soll ditangkap/ Humas Polri

Bagikan:

JAKARTA - Tim gabungan dari Polres Yahukimo dan Satgas Ops Nemangkawi menangkap Ananias Yalak alias Senat Soll yang merupakan salah seorang pimpinan KKB, sekaligus dalang pembunuhan terhadap staf Komisi Pemilihan Umum (KPU) Yahukimo. Bahkan, dalam penangkapan itu petugas terpaksa menembak Senat Soll.

"Ananias (Senat Soll) tertembak pada kaki sebelah kiri dan kanan karena melawan dan hendak melarikan diri pada saat ditangkap," ucap Ketua Tim Satgas Gakkum Nemangkawi, Kombes Faizal Rahmadani dalam keterangannya, Kamis, 2 September.

Penangkapan terhadap Senat Soll bermula saat adanya informasi soal keberadaannya di Jalan Samaru, Distrik Dekai, Kabupaten Yahukimo. Sehingga, tim bergerak ke lokasi untuk menangkapnya.

"Tim tiba di lokasi sasaran selanjutnya melakukan penggerebekan disebuah rumah dan langsung melakukan penangkapan terhadap saudara Ananias Yalak alias Senat Soll," ungkap Faizal.

Ananias Yalak alias Senat Soll menjalani perawatan/ Humas Polri

Bahkan, tim juga menangkap lima orang lainnya. Hanya saja, tak dirinci keterlibatan lima orang itu dalam kasus tindak pidana.

"Mengamankan 5 orang lainnya dari dalam rumah tersebut. Mereka Pilas Matuan, Apius tabla, Mekison, Sapuk Asso, dan Abert Matuan," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Salah satu pimpinan KKB Senat Soll ditangkap di Dekai. Penangkapan dilakukan Kamis, 2 September, sekitar pukul 05.00 WIT.

Senat Soll terlibat kasus jual beli amunisi sebanyak 155 butir di tahun 2018, saat masih tergabung dengan TNI AD. Kemudin, dia juga terlibat kasus pembunuhan staf KPU Yahukimo Hendri Jovinski yang dilakukan tanggal 11 Agustus 2020 dan pembunuhan Muhammad Thoyib tanggal 20 Agustus 2020.