Awas! Jangan Lengah, Hitungan Detik Pelaku Bisa Bobol Motor Terkunci
Layar tangkap CCTV di lokasi kejadian/ IST

Bagikan:

JAKARTA - Aksi pencurian kendaraan bermotor terjadi di Gang Manggar 2, Kelurahan Kelapa Dua Wetan, Kecamatan Ciracas, Jakarta Timur. Akibat pencurian itu, motor Honda Beat bernopol B 4479 TOZ milik warga setempat hilang dibawa kabur para pelaku.

Beruntung, aksi kejahatan pelaku dapat terekam kamera CCTV yang ada di sekitar lokasi kejadian. Dalam rekaman itu, kejadian terjadi pada Selasa 31 Agustus, kemarin sore. Para pelaku pencurian motor berjumlah 2 orang dan berboncengan 1 motor.

"Korbannya itu warga RT 08/02. Kebetulan pas kejadian lagi main ke tempat temannya di Gang Manggar 2. Jadi motor diparkir di pinggir gang," ujar Ketua RW 02 Sanusi kepada wartawan di lokasi kejadian, Rabu 1 September.

Masih dari pantauan CCTV, para pelaku datang menaiki satu motor secara berboncengan. Mereka berhenti di depan gang Manggar 2 atau sekitar lima meter dari lokasi motor korban terparkir.

Pelaku leluasa beraksi karena saat kejadian warga di sekitar lokasi sedang berada di dalam rumahnya masing-masing sehingga tidak melihat aksi pelaku saat membobol kunci kontak korban.

Merujuk rekaman CCTV kejadian, pelaku hanya butuh waktu beberapa detik untuk membobol kunci kontak motor menggunakan kunci leter T lalu melarikan diri bersama rekannya.

"Kalau dilihat dari CCTV satu pelaku turun mencuri motor, pelaku lainnya menunggu di motor. Waktu kejadian ada petugas angkut sampah dekat lokasi, tapi dia juga enggak sadar kejadian," ujarnya.

Sanusi menuturkan warganya sempat berupaya menelusuri identitas pelaku berdasar plat nomor pelaku dalam rekaman CCTV, namun gagal karena hasil rekaman CCTV samar.

Menurutnya, aksi pencurian disertai pemberatan yang terjadi permukiman warga RW 02 Kelurahan Kelapa Dua Wetan ini bukan pertama kali terjadi sehingga cukup meresahkan warga.

"Selama saya menjabat jadi ketua RW 02 ini sudah beberapa kali terjadi," katanya.