Rupiah Selasa Loyo, Ditutup Melemah 20 Poin ke Level Rp14.265 per Dolar AS
Ilustrasi. (Irfan Meidianto/VOI)

Bagikan:

JAKARTA - Nilai tukar rupiah di pasar spot ditutup melemah pada perdagangan Selasa 30 Juni. Rupiah ditutup melemah 0,14 persen atau 20 poin ke level Rp14.265 per dolar Amerika Serikat (AS).

Kepala Riset Monex Investindo Futures, Ariston Tjendra sebelumnya mengatakan, kekhawatiran pasar terhadap peningkatan penyebaran virus COVID-19 masih belum sirna.

Tapi tadi pagi sebagian aset berisiko kelihatan positif karena adanya komentar tertulis Gubernur the Fed yang mengatakan akan mempertahankan suku bunga sangat rendah dalam jangka waktu yang lama untuk membantu memulihkan ekonomi.

Selain itu, kata Ariston, data indeks aktivitas manufaktur dan non-manufaktur China bulan Juni yang menunjukan terjadi peningkatan aktivitas. Dan terbukti, tarik menarik sentimen positif dan negatif ini membuat rupiah mengalami pelemahan tipis hari ini.

Rupiah hari ini kompak melemah dengan sederet mata uang Asia lain. Mulai dari yen Jepang, dolar Singapura dan dolar Taiwan.

Won Korea Selatan menjadi yang paling loyo di Asia pada hari ini dengan melemah 0,33 persen di hadapan dolar AS.

Di sisi lain, dolar Hong Kong, peso Filipina, ringgit Malaysia hingga baht Thailand masih mampu menguat terhadap dolar AS.