Viral Video Nyanyi Bersama Melanggar Prokes, Bupati Donggala: Tingkatkan Imun Masyarakat
Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Provinsi Sulawesi Tengah Atha Mahmud

Bagikan:

SULTENG – Beredarnya video Bupati Donggala Kasman Lassa langgar protokol kesehatan (prokes) membuat Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Nasional Demokrat (NasDem) Provinsi Sulawesi Tengah Atha Mahmud angkat bicara.

Atha Mahmud mengkritik Kasman karena melanggar prokes pencegahan COVID-19 yakni bernyanyi dan berjoget bersama warga yang sebagian tidak menggunakan masker.

"Seharusnya Kasman Lassa memberikan contoh kepada masyarakat terkait aturan protokol kesehatan, di tengah situasi pandemic COVID-19," ucap Ketua DPW Partai NasDem Sulteng Atha Mahmud di Palu, mengutip Antara, Sabtu 28 Agustus.

Diketahui, Kamis 24 Agustus lalu, Bupati Donggala Kasman Lassa terlihat bernyanyi dan berjoget bersama beberapa warga di suatu acara di Kelurahan Tanjung Batu, Kecamatan Banawa.

Dalam video yang beredar luas, Kasman Lassa dan beberapa warga yang berjoget mengenakan masker, namun masker yang dikenakan hanya menutupi dagu, sementara mulut dan hidung tidak tertutupi masker. Sebagian warga yang ikut berjoget bersama Bupati Kasman, tidak menggunakan masker.

Atha Mahmud menilai, Kasman Lassa sebagai Bupati Donggala sekaligus Ketua DPD Partai NasDem Donggala harusnya taat terhadap perintah Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh yang menginstruksikan kepada semua kader NasDem, agar membantu pemerintah mencegah penularan COVID-19.

Karena itu, NasDem Sulteng beri teguran keras secara tertulis kepada Kasman Lassa. Teguran keras itu tertuang dalam surat nomor 091-SI.1/DPW-NasDem-Sulteng/VIII/2021, Jumat, 27 Agustus 2021.

Dalam surat teguran tersebut dijelaskan, bahwa tindakan Kasman Lassa selain menimbulkan kerumunan massa, sejumlah warga yang ikut berjoget dan bernyanyi juga tidak mengenakan masker.

Sementara Bupati Donggala Kasman Lassa mengakui bahwa ia dan beberapa warganya berjoget di suatu acara. Kata Kasman, untuk menaikkan imun masyarakat dalam menghadapi pandemi COVID-19.

"Protokol kesehatan kita letakkan di atas segalanya, yang kedua kita harus meningkatkan imun masyarakat salah satunya adalah hiburan. Orang yang semangatnya menurun, jiwa kecil, dibangkitkan dengan lagu, diajak berjoget, berenergi," kata Kasman Lassa.