Cara India Merespons Rekor Lonjakan COVID-19: Membuka Salah Satu Rumah Sakit Terbesar di Dunia
Suasana sekitar Chandi Chowk, Delhi (Aquib Akhter/Unsplash)

Bagikan:

JAKARTA - India membuka sebuah rumah sakit besar di Delhi: Sardar Patel COVID Care Center. Rumah sakit ini akan jadi salah satu rumah sakit terbesar di dunia. Pembukaan rumah sakit dilakukan bertepatan dengan lonjakan kasus terbesar sepanjang masa pandemi COVID-19 di Negeri Anak Benua.

Dilansir CNN, Sardar Patel COVID Care Center mulai beroperasi pada Minggu, 28 Juni dengan dua ribu ranjang tersedia. Menurut target, Rabu mendatang, 1 Juli, Sardar Patel menambah delapan ribu ranjang lagi hingga target sepuluh ribu ranjang tercapai.

Menteri Dalam Negeri India Amit Shah dan Kepala Menteri Delhi Arvind Kejriwal telah mengunjungi pusat perawatan yang terletak di Chattarpur itu. Kunjungan dilakukan Sabtu, 27 Juni, satu hari sebelum pembukaan resminya.

Dalam unggahan Twitter hari itu, Kejriwal menyebut pusat perawatan itu sebagai "di antara rumah sakit terbesar di dunia." Amit juga berkicau. Ia menyebut sepuluh ranjang akan jadi "bantuan besar bagi orang-orang di Delhi."

Amit melanjutkan, administrasi dan operasi Sardar Patel COVID Care Center akan berada di bawah Indo-Tibetan Border Police. "Saya memuji personel ITBP kami yang berani, yang akan mengoperasikan fasilitas Perawatan COVID ini selama masa-masa suliti. Komitmen mereka untuk melayani bangsa dan rakyat Delhi tidak tertandingi," Amit dalam kicauan.

Pembukaan rumah sakit dilakukan tepat ketika India melaporkan 19.906 infeksi baru dan 410 kematian baru akibat COVID-19. Hari itu, India membulatkan kasus COVID-19 528.859 kasus. Delhi jadi salah satu kota paling parah dilanda COVID-19. Rabu lalu, 24 Juni, Delhi resmi melampaui Mumbai.