Ini 16 Lokasi yang Layani Vaksinasi Pfizer di Jakarta
Ilustrasi/antara

Bagikan:

JAKARTA - DKI Jakarta mendapat jatah vaksin COVID-19 merek Pfizer dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes). Pemprov DKI menentukan 16 fasilitas pelayanan kesehatan yang menyediakan vaksin Pfizer.

Di Jakarta Utara, vaksin Pfizer tersedia di Puskesmas Kecamatan Kelapa Gading, RSIA Family, dan RSUD Tugu Koja. Di Jakarta Barat tersedia di RSPI Puri Indah. Di Jakarta Pusat, tersedia di Puskesmas Kecamatan Johar Baru.

Sementara, di Jakarta Selatan berada di RS Prikasih, Puskesmas Kelurahan Lebak Bulus, Puskesmas Kecamatan Cilandak, RSUD Jati Padang, Puskesmas Kelurahan Pancoran, UPK Kemenkes Rasuna Said, dan BPSDM Kemenkes Hang Jebat.

Lalu, di Jakarta Timur berada di Puskesmas Kecamatan Pulogadung, RSKD Duren Sawit, RS Tk. IV Kesdam Cijantung, dan RS Islam Pondok Kopi. Pendaftaran vaksinasi di 16 lokasi ini bisa didaftarkan lewat aplikasi JAKI.

Kepala Dinas Kesehatan DKI Widyastuti menuturkan, vaksin Pfizer dialokasikan untuk masyarakat umum usia 12 tahun ke atas yang belum pernah mendapatkan vaksinasi dosis pertama dan kedua.

"Sasaran ini juga termasuk untuk ibu hamil, ibu menyusui, yang memiliki kondisi immunocompromised seperti autoimun, komorbid berat, penyakit kronis, dan gangguan imunologi lainnya," kata Widyastuti dalam keterangannya, Selasa, 24 Agustus.

Lalu, vaksin Pfizer hanya diberikan kepada warga ber-KTP DKI atau berdomisili di Jakarta. Domisili disertakan lewat surat resmi yang dikeluarkan minimal oleh RT setempat dan surat tersebut diarsipkan oleh fasilitas kesehatan.

Saat ini, Indonesia telah mendapatkan sekitar 1,56 juta dosis vaksin COVID-19 Pfizer. Vaksin Pfizer yang didatangkan pada tahap pertama ini dilakukan melalui jalur kerja sama bilateral.

Secara keseluruhan, ada 9 kabupaten/kota yang mendapatkan prioritas vaksin Pfizer yang datang di tahap pertama. Di antaranya adalah Kota Jakarta Selatan yang mendapat 174.321 dosis, Kota Jakarta Utara 58.500 dosis. Kabupaten Tangerang 181.344 dosis, Kota Tangerang 163.800 dosis.

Kemudian, Kabupaten Bogor mendapat 310.044 dosis vaksin Pfizer, Kota Bogor 64.344 dosis, Kabupaten Bekasi 146.244 dosis, Kota Bekasi 362.700 dosis, dan Kota Depok 99.444 dosis.

Diketahui, vaksin Pfizer merupakan vaksin dengan platform mRNA dan telah mendapat WHO EUL sejak bulan Desember 2020. Vaksin diberikan sebanyak 2 dosis dengan interval 21 hari. Vaksin Pfizer memiliki efikasi 95 persen.