Permintaan Menkes Budi: Masyarakat Jangan Pilih-pilih Jenis Vaksin COVID-19
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin/Istimewa

Bagikan:

JAKARTA - Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin meminta masyarakat tidak pilih-pilih jenis vaksin. Menurutnya, semua jenis vaksin sama karena manfaatnya untuk membangun antibodi.

"Kami imbau masyarakat tidak pilih-pilih vaksin karena semua vaksin memberikan manfaat yang sama yaitu membangun antibodi," kata Menkes Budi dalam konferensi pers secara daring yang ditayangkan di YouTube Kemenko Bidang Kemaritiman dan Investasi RI, Senin, 23 Agustus.

Ia mengatakan pemerintah memang memiliki beragam jenis vaksin COVID-19. Termasuk yang paling baru adalah Pfizer dan Moderna. Tapi, permintaan ini disampaikan untuk menjaga agar pemberian vaksin bisa tetap dilaksanakan secara gratis dan tak dipungut biaya oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.

"Ini sangat penting untuk membantu pemerintah menjaga (pemberian, red) vaksin ini gratis. Semua rakyat yang disuntik gratis dan tidak ada yang bayar," tegas eks Wakil Menteri BUMN itu.

Budi meminta masyarakat terus melakukan pengawasan terhadap pelaksanaan vaksin COVID-19. Dia mempersilakan masyarakat untuk menyampaikan pengaduan jika ada oknum yang mengambil keuntungan dalam proses penyuntikan vaksin.

"Kalau ada yang minta dibayar silakan hubungi pengaduan Kementerian Kesehatan di nomor 021-100567 atau di email [email protected]," ungkap Budi.

"Jadi vaksin ini gratis, kami mohon masyarakat juga turut menjaga agar tidak ada pembayaran yang dilakukan dan bisa menyampaikan pengaduan," pungkasnya.